Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Didi Sumedi mengatakan bahwa tahun politik tidak akan mempengaruhi sektor perdagangan nasional.

"Saya kira enggak ada kaitannya tahun politik dengan ini (perdagangan)," ujar Didi ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat.

Didi menjelaskan, perdagangan merupakan sektor riil atau sektor yang bersentuhan langsung dengan kegiatan ekonomi di masyarakat. Menurut Didi, hal ini sangat berbeda dengan saham, yang nilainya mengikuti kondisi politik.

Harga-harga komoditas dinilai tidak terlalu berpengaruh pada situasi politik yang sedang berlangsung hingga tahun depan. Perdagangan baik di dalam maupun luar negeri akan terus berjalan meski terjadi transisi kepemimpinan

"Kalau saham kan memang pasar dipengaruhi kondisi politik dan ekonomi, tapi kalau harga riil dari sektor perdagangan sih enggak ada pengaruhnya," kata Didi.

Transisi kepemimpinan akan menjadi titik penting bagi Indonesia untuk mengejar pembangunan ekonomi melalui perdagangan dan investasi.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, dunia usaha berharap para pemimpin baru nantinya dapat menghadirkan strategi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat, inklusif dan adaptif agar dapat meningkatkan kepercayaan Indonesia di mata internasional.


Selain itu, para calon pemimpin juga diharapkan bisa mendukung penciptaan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat, memimpin Indonesia secara strategis untuk keluar dari middle income trap untuk mempercepat target menjadi negara maju, serta melanjutkan kebijakan ekonomi yang lebih baik, terutama reformasi struktural untuk menjaga iklim usaha dan investasi yang kondusif.

"Transisi kepemimpinan akan menjadi titik penting bagi Indonesia untuk segara berlari kencang, menetapkan pondasi yang baik, agar kita bisa dengan cepat memanfaatkan bonus demografi 10 tahun ke depan sebagai modal pembangunan," kata Shinta.

Baca juga: Investor Australia tetap lirik Indonesia walau masuki tahun politik
Baca juga: Kemendag meyakini kepercayaan global terhadap produk RI masih baik
Baca juga: Mendag: Ketahanan pangan prioritas utama pemerintah

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023