AsiaNet 48133

TOKYO, 26 Januari (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     Dalam proposal perdamaian tahunan ke-30nya, yang diluncurkan pada tanggal 26 Januari, Daisaku Ikeda, Presiden Perkumpulan Umat Buddha Soka Gakkai International, menyerukan KTT Pemusnahan Nuklir yang akan digelar pada tahun 2015 di Hiroshima dan Nagasaki untuk menjamin bahwa momentum yang berkembang terhadap pemusnahan senjata nuklir tidak mengalami perubahan.

     Dengan menggelar KTT ini pada perayaan ke-70 pengeboman atom di kota-kota ini, dan pada tahun Konferensi Tinjauan Perjanjian Nuklir Non-Proliferasi (NPT), akan mengembalikan kepada para pemimpin dunia kemampuan menghancurkan yang amat buruk dari senjata nuklir dan membantu meyakinkan aksi penting terhadap pemusnahan mereka, sehingga menandai berakhirnya era senjata nuklir.

     Dalam proposal tahun ini, yang berjudul "Human Security and Sustainability: Sharing Reverence for the Dignity of Life," Ikeda menyoroti kemungkinan harapan yang lebih banyak atas perjuangan untuk mewujudkan dunia yang bebas nuklir, melihat tanda-tanda pada titik kritis di mana "riam" pemerintah akan mendukung adopsi Konvensi Senjata Nuklir (NWC) untuk melarang senjata nuklir secara komprehensif.

     Ikeda, yang terlibat dalam gerakan anti nuklir sejak akhir 1950-an, menegaskan kembali dukungannya tentang gagasan NWC, dengan menyatakan, bahwa kita harus "mengambil langkah ... bahwa manusia dan senjata nuklir tidak dapat hidup berdampingan, dan memberikan bentuk nyata sebagai perjanjian hukum yang mengikat untuk menunjukkan kesadaran bersama umat manusia."

     Beliau menyerukan pembentukan sebuah kelompok aksi untuk NWC, yaitu antara lain pemerintah dan LSM yang mendukung, dan mendesak jika argumen dari perspektif hak asasi manusia dan keberlanjutan yang mengerahkan bersama orang-orang dari hukum humaniter internasional, ini akan memperluas tingkatan upaya warga di daerah dalam mendukung pemusnahan senjata nuklir.

     Dengan bercermin pada bencana nuklir di Fukushima pada bulan Maret 2011, Ikeda mendesak Jepang untuk membuat transisi yang cepat untuk kebijakan energi yang tidak bergantung pada pembangkit tenaga nuklir, dan meningkatkan keterlibatannya dalam teknologi dan penelitian energi terbarukan, baik di dalam negeri dan untuk mendukung upaya-upaya di negara-negara berkembang. Beliau menyerukan untuk memperkuat peran global IAEA dalam menangani dampak kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir dan dekomisioning reaktor yang telah rusak.

     Mengingat penderitaan yang disebabkan oleh peningkatan prevalensi bencana alam di seluruh dunia, Ikeda menyerukan tanggapan untuk berpusat pada pendekatan hak asasi manusia dan mengusulkan  mandat UNHCR secara resmi diperluas yang mencakup pemberian bantuan bagi orang-orang yang terlantar akibat bencana tersebut. Ia juga menekankan pentingnya pemberdayaan perempuan untuk memainkan peran yang lebih besar dalam pencegahan, mitigasi dan upaya pemulihan bencana.

     Menjelang Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan yang diadakan tahun ini di Rio de Janeiro, Ikeda mengajak untuk diskusi lebih luas tentang gagasan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam menjelang Tujuan Pengembangan Millenium mulai tahun 2015. Ia mendesak pendekatan komprehensif yang akan membahas berbagai kepedulian yang berkelanjutan dan keamanan umat manusia di negara berkembang dan tengah dikembangkan.

     Baca sinopsis proposal tersebut di: http://www.sgi.org/sgipresident/proposals/peace/2012.html

     Daisaku Ikeda, 84 tahun, telah mengeluarkan proposal yang menganalisis isu-isu utama yang dihadapi umat manusia pada tanggal 26 Januari setiap tahunnya sejak 1983, memperingati berdirinya SGI pada tanggal itu tahun 1975. Beliau menawarkan wawasan dari sudut pandang umat Buddha dan memberikan saran yang konkrit dalam semangat berkontribusi terhadap dialog global yang berpusat di seluruh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Banyak proposalnya telah membuahkan hasil.

     Soka Gakkai International adalah asosiasi umat Buddha yang terlibat hubungan sosial dengan lebih dari 12 juta anggota di seluruh dunia.

     Sumber: Soka Gakkai International

     Kontak:
     Joan Anderson
     Kantor Informasi Masyarakat
     Soka Gakkai International
     Tel: +81-80-5957-4711
     Fax: +81-3-5360-9885
     E-mail: janderson[at]sgi.gr.jp

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012