Jakarta (ANTARA News) - Tablet berperangkat lunak Android Google telah mempersempit ruang gerak sang dominator, iPad Apple, di pasar global pada kuartal keempat.

Pangsa pasar Android naik menjadi 39 persen dari sebelumnya 29 persen, sementara Apple turun menjadi 58 persen dari 68 persen pada tahun sebelumnya, menurut Reuters mengutip perusahaan riset Strategy Analytics, Kamis.

Sementara pengiriman tablet secara global mencapai 26,8 juta unit pada kuartal keempat, naik hampir dua kali lipat dari tahun sebelumya yang 10,7 juta unit.

Puluhan model perangkat Android telah didistribusikan ke beberapa negara oleh berbagai brand seperti Amazon, Samsung, Asus, dan lain-lain telah memotori dalam volume.

Pasar tablet, menurut perusahaan riset itu, telah tumbuh 260 persen tahun lalu menjadi 66,9 juta unit dari 18,6 juta unit pada 2010.

Strategy Analytics mengatakan Microsoft menguasai 1 persen pangsa di pasar tablet global kuartal terakhir.

Menurut data Kantar Worldpanel, Apple menguasai 44,9 persen pasar di Amerika Serikat dalam 12 bulan yang berakhir 25 Desember lalu, sedangkan Android mengendalikan 44,8 persennya.

(*)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012