Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Jumat (17/6) yang mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari imbauan kepada jamaah calon haji untuk menggunakan masker guna mengantisipasi potensi badai pasir hingga pemerintah kesulitan mencari peserta vaksinasi penguat (booster).

Berikut sejumlah berita humaniora pada Jumat:

1. Dokter sarankan selalu gunakan masker antisipasi potensi badai pasir

Kepala Seksi Kesehatan Daker Mekkah Imran Saleh menyarankan agar jamaah haji selalu menggunakan masker untuk mengantisipasi cuaca ekstrem seperti suhu panas dan potensi badai pasir.

"Tetap pakai masker, kita tidak tahu tiba-tiba kapan terjadi badai pasir," kata Imran di Mekkah.

2. Kemenkes laksanakan diklat perkuat SDM kesehatan di pintu masuk negara

Kementerian Kesehatan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Kekarantinaan Kesehatan Tingkat Dasar Tahun 2022 guna memperkuat sumber daya manusia bidang kesehatan, khususnya di pintu-pintu masuk negara.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, mengatakan sektor kesehatan saat ini dihadapkan pada tantangan baru yang semakin kompleks, dengan munculnya berbagai penyakit infeksi.

"Berbagai penyakit seperti hepatitis akut misterius, monkeypox dan penyakit infeksi lainnya menjadi alarm bagi pemerintah untuk memperkuat kesiapsiagaan, deteksi dan respons di pintu masuk negara untuk mencegah terjadinya transmisi/penularan penyakit baik antardaerah maupun antarnegara," katanya.

3. Per Jumat 168.378.526 warga Indonesia sudah divaksin COVID-19 lengkap

Kementerian Kesehatan RI melaporkan sebanyak 168.378.526 warga Indonesia telah mendapatkan dosis vaksin COVID-19 secara lengkap hingga Jumat.

Siaran pers Kemenkes yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan jumlah warga yang menerima dua dosis vaksin itu mengalami penambahan sebanyak 126.731 orang.

Untuk jumlah penerima vaksin dosis pertama bertambah 95.152 orang sehingga kini menjadi 201.095.712 orang. Kemenkes juga menyebutkan penerima dosis vaksin ketiga bertambah sebanyak 423.157 orang sehingga sudah mencapai 48.693.149 orang.

4. CSIIS: Jamaah haji puas dengan pelayanan kementerian agama

Direktur Eksekutif Center For Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) Moh Sholeh Basyari mengemukakan tim pemantau haji yang diturunkan CSIIS di Makkah dan Madinah menyatakan bahwa para jamaah haji asal Indonesia puas dengan pelayanan Kementerian Agama.

Noh Sholeh Basyari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, mengatakan terdapat empat hal yang menjadi poin pemantauan yakni transportasi, akomodasi, konsumsi dan perilaku jemaah haji Indonesia di dua kota suci tersebut.

5. Presiden sebut vaksinasi "booster" kini kesulitan cari peserta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis penguat atau booster kini kesulitan mencari peserta, padahal hal itu dianjurkan, terlebih belakangan kasus di Indonesia juga kembali menemui kurva peningkatan.

Presiden berharap peningkatan itu tidak terus berlangsung secara signifikan dan ia mengingatkan masyarakat yang belum menerima vaksinasi booster segera melakukannya.

"Antisipasi kita sudah saya sampaikan juga satu dua bulan yang lalu soal booster. Semuanya booster," kata Presiden kepada wartawan seusai menghadiri Temu Raya #KitaPrakerja di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022