Mataram (ANTARA News) - Ruang kerja Bupati dan Sekretariat Kabupaten Bima dipindahkan ke Unit Pelaksana Teknis Daerah Lembaga Latihan Kerja Jati Wangi menyusul pembakaran Kantor Bupati Bima oleh massa, Kamis (26/1) siang.

"Mulai besok kantor bupati dan sekretariat kabupaten dipindahkan di UPTD LLK Jati Wangi," kata Kepala Bagian Humas Setkab Bima Aris Gunawan ketika dihubungi dari Mataram, Jumat.

Aris mengakui, hari pertama pascainsiden pembakaran Kantor Bupati Bima itu aktivitas perkantoran praktis tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

PNS Pemkab Bima tetap masuk kantor namun belum bisa bekerja sebagaimana biasa karena sebagian bangunan beserta isinya hangus terbakar.

Saat ini, tengah dipersiapkan pemindahan aktivitas perkantoran dari Kantor Bupati Bima yang dibakar itu, ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Lembaga Latihan Kerja (LLK) Jati Wangi.

"Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, dan tidak ada kendala teknis. Sementara ini suasana di Bima masih lengang, dan aparat kepolisian masih berjaga-jaga," ujarnya.

Pada Kamis (26/1) siang, lebih dari 10 ribu warga dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Lambu, Sape, dan Langgudu, berunjuk rasa di Kantor Bupati Bima, hingga terjadi pembakaran kantor pemerintah daerah itu.

Selain Kantor Bupati Bima, juga Kantor KPUD Bima yang berada di kawasan itu, beserta barang-barang dalam bangunan itu dibakar massa.

Sepeda motor dan kendaraan lainnya yang berada dalam kompleks Kantor Bupati Bima itu juga dirusak massa yang mengamuk karena dihadang ketika hendak masuk ke kompleks kantor bupati itu.
(A058/N002)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012