Jakarta (ANTARA News) - PT Jasa Marga Tbk selaku operator tol Jakarta-Cikampek mengumumkan bahwa sampai pukul 15.00 WIB Jumat, lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek masih lumpuh menyusul demonstrasi buruh di ruas tol tersebut.

"Sampai pukul 15.00 WIB, tol Jakarta-Cikampek, masih lumpuh," kata Direktur Operasi PT Jasa Marga Tbk, Adityawarman, saat dihubungi di Jakarta beberapa menit lalu.

Ribuan buruh dilaporkan menggelar aksi unjuk rasa di KM 12 dan 31, mereka memrotes putusan hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung yang memenangkan gugatan Apindo atas SK Gubernur Jawa Barat mengenai UMK Bekasi.

Kemacetan meluas ke jalan-jalan arteri di Bekasi karena petugas terpaksa mengalihkan lalu lintas ke jalan-jalan arteri seperti ruas Kalimalang arah Kota Bekasi yang merupakan akses jalan dari Jakarta menuju kawasan Tambun dan Cibitung dan sekitarnya.

Sementara Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Okke Merlina menjelaskan, pemblokiran jalan tol oleh massa buruh sejak pukul 08.30 WIB dan masih berlangsung hingga saat ini.

"Massa buruh memblokir Jalan Tol Jakarta Cikampek di KM 30.800 dua arah Jalur A (Arah Cikampek) dan Jalur B (Arah Jakarta)," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Jasa Marga telah berusaha mengeluarkan arus lalu lintas yang datang dari Jakarta di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

(E008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012