Beijing (ANTARA) - Kementerian Sumber Daya Air China pada Minggu (19/6) menyebut bahwa banjir besar terjadi di cekungan Sungai Mutiara di China selatan akibat hujan deras.

Banjir di sungai-sungai utama cekungan tersebut, yakni Xijiang dan Beijiang, terjadi hanya beberapa hari setelah aliran deras di kawasan tersebut pada Selasa ( 14/6) mendorong pihak kementerian untuk menaikkan status tanggap darurat dari Level IV ke Level III guna memperkuat upaya pencegahan banjir.

China memiliki sistem tanggap darurat pengendalian banjir empat tingkat, dengan Level 1 sebagai yang terparah.

Kementerian tersebut mendesak pihak berwenang terkait untuk memantau situasi banjir dengan saksama, dan meningkatkan upaya pengendalian banjir di waduk, sungai kecil dan menengah, serta daerah pegunungan yang diguyur hujan deras.

Lima kelompok kerja telah dikirim ke Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi dan Provinsi Guangdong di China selatan, dengan lokasi status tanggap darurat dipertahankan pada Level 3.

Mengingat hujan deras diperkirakan masih berpotensi terjadi, sungai-sungai di sejumlah wilayah tingkat provinsi termasuk Guangxi, Guangdong, Hunan, Jiangxi, Anhui, dan Zhejiang kemungkinan akan mengalami banjir yang melebihi level peringatan, dengan aliran deras di beberapa sungai kecil dan menengah. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022