Saat meditasi akan mendapatkan badan dan pikiran yang sehat,
Sleman (ANTARA) - Kedutaan Besar India bersama dengan Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI) menggelar kegiatan yoga bersama di pelataran Candi Prambanan yang dihadiri sekitar 1.000 pecinta yoga di Yogyakarta dan sekitarnya, Selasa.

Kegiatan dalam rangka perayaan Hari Yoga Internasional ke-8 ini dipimpin oleh Kedutaan Besar India dan disiarkan langsung oleh saluran nasional India DD News di mana jutaan warga India melihat pertemuan pecinta yoga Indonesia dengan latar belakang candi abad ke-9.

Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Manoj Kumar Bharti mengatakan yoga adalah kunci untuk mempersiapkan pikiran dan tubuh manusia untuk meditasi yang menjadi dasar kesadaran manusia terhadap lingkungan.

"Untuk semua di Indonesia, kita disini di Candi Prambanan, kita baru saja mendapat sesi yoga, yang indah di candi ini," katanya.

Baca juga: Puluhan peserta ikuti peringatan Hari Yoga Internasional di Sleman

Baca juga: Indonesia bidik turis Singapura-Malaysia saat Hari Yoga Internasional


Menurut dia, yoga adalah original dari India, dan sekarang dipelajari di seluruh dunia.

"Hal yang penting dari yoga adalah sebuah latihan yang membuat tubuh dan pikiran bersatu untuk meditasi. Semua orang saat meditasi akan mendapatkan badan dan pikiran yang sehat, dan itu yang dilakukan olah yoga," katanya.

Ia mengatakan, tubuh memiliki karakter fisik dan pikiran tidak memiliki karakter fisik.

"Dan itu penting untuk kita membawa tubuh kita bersatu dengan pikiran untuk memiliki kontrol atas pikiran kita, setelah itu kita bisa menjalani kehidupan yang baik, dan semua itu dilakukan dengan latihan yoga," katanya.

Manoj mengatakan, para pecinta yoga di seluruh dunia berkumpul bersama dan merayakan acara tahunan untuk menyebarkan pesan kesehatan dan kebahagiaan. Selain kesehatan, acara ini juga mempromosikan perdamaian dan kerjasama internasional. Acara ini akan menyadarkan masyarakat India tentang warisan budaya Yogyakarta, dan akan meningkatkan potensi pariwisata dari India.

"Bulan lalu, Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan bahwa IDY ke-8 akan dirayakan dengan tema 'Yoga for Humanity' (Yoga untuk Kemanusiaan). Acara ini dirayakan sebagai bagian dari acara India@75, karena tahun ini, India akan menandai 75 tahun kemerdekaannya pada 15 Agustus," katanya.

Pertemuan besar-besaran tersebut menampilkan protokol yoga umum bersama di bawah bimbingan guru yoga yang terkenal, Naresh Kumar Nadda.

Sekretaris Badan Promosi Pariwisata DIY Ayu Cornelia mengatakan dari kacamata wisata kegiatan ini sangat mendukung bangkitnyan pariwisata di Yogyakarta.

"Yoga memang menarik, dan tadi pesertanya sangat banyak. Kegiatan ini bisa dibuat rutin untuk meningkatkan pariwisata di Yogyakarta," katanya.

Baca juga: Dubes India: yoga tunjukkan hubungan dekat manusia dengan alam

Baca juga: Pulau Nusa Dharma The Nusa Dua Bali dikembangkan jadi pulau yoga

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022