Sukabumi (ANTARA News) - Longsor yang terjadi di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyebabkan akses jalan menuju tiga kampung di kecamatan tersebut yakni Kampung Bobojong, Cikembang dan Cileungsi terancam terisolir.

"Longsor terjadi tepatnya di Kampung Kongsi RT 1/01 di jalan utama Desa Caringin Wetan yang dibuat pada 2010 lalu, karena longsoran tersebut cukup luas sekitar 15 meter dengan kedalaman 10 meter menyebabkan tiga kampung terancam terisolir," kata Kades Caringin Wetan, Ade, kepada wartawan, Selasa.

Menurutnya, kejadian longsor ini disebabkan oleh hujan deras yang terus mengguyur Sukabumi dalam beberapa pekan terakhir ini. Sehingga jalan desa menjadi amblas dengan kedalaman 10 meter, bahkan warga yang ingin keluar kampung untuk melakukan kegiatannya harus memutar jalan yang cukup jauh.

Lebih lanjut, longsor ini juga menyebabkan kegiatan ekonomi warga menjadi terganggu, khususnya para petani yang ingin menjual hasil pertaniannya. "Untuk sementara warga harus mencari jalan alternatif untuk menuju rumah mereka yang ada di tiga kampung tersebut," tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk segera mengirimkan bantuan agar akses jalan warga ini bisa segera diperbaiki."Kami sudah melaporkan kejadian longsor ini kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat dan semoga bisa segera ada bantuan," demikian Ade.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012