Beijing (ANTARA) - Tiga astronaut dari misi berawak Shenzhou-13 dianugerahi medali atas pengabdian mereka dalam misi luar angkasa China pada Selasa (21/6).

Zhai Zhigang, komandan misi, dan Wang Yaping, wanita pertama di stasiun luar angkasa China, dianugerahi medali pencapaian kedirgantaraan kelas dua, sedangkan Ye Guangfu menerima medali kelas tiga dan gelar kehormatan "astronaut heroik".

Penghargaan tersebut diberikan oleh Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), Dewan Negara dan Komisi Militer Sentral China.

Misi Shenzhou-13 adalah misi luar angkasa kedua bagi Zhai, yang menjabat sebagai komandan untuk kedua kalinya dalam misi tersebut.

Dia telah melakukan tiga kali aktivitas di luar pesawat (extravehicular activity/EVA), terbanyak yang dilakukan oleh astronaut China sejauh ini. Misi itu merupakan misi luar angkasa kedua Wang dan yang pertama bagi Ye.

Diluncurkan pada 16 Oktober 2021, pesawat luar angkasa Shenzhou-13 mengirim ketiga astronaut itu ke modul inti stasiun luar angkasa China Tianhe, di mana mereka tinggal dan bekerja selama enam bulan, yang menjadi masa tinggal terlama di luar angkasa oleh astronaut China dalam satu misi.

Mereka melakukan EVA sebanyak dua kali dan memberikan dua kuliah secara langsung dari stasiun luar angkasa selama mereka tinggal.

Misi tersebut menandai perampungan upaya China dalam memverifikasi sejumlah teknologi penting yang digunakan di stasiun luar angkasa.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022