Belitung, Babel (ANTARA) - Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahani Saleh, melepas keberangkatan 107 calon haji dan dua pendamping menuju Tanah Suci Mekkah.

"Kami harapkan mereka (jamaah calon haji) selamat sampai tujuan," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Pelepasan keberangkatan tersebut berlangsung di Masjid Agung Al-Mabrur Tanjung Pandan, Belitung, Senin pagi.

Dia mengucapkan selamat melaksanakan ibadah haji kepada seluruh jamaah calon haji asal daerah itu yang keberangkatannya sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Indonesia berlakukan batas usia calon jamaah haji

Baca juga: Babel aktifkan kembali Isoter Asrama Haji dan BLK


"Alhamdulillah, pada tahun ini pelaksanaan ibadah haji kembali dibuka oleh pemerintah Arab Saudi, sehingga jamaah bisa diberangkatkan dan tentunya ini menjadi keberkahan untuk semua," ujarnya.

Bupati berharap jamaah calon haji asal daerah itu dapat melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik, lancar dan tanpa kendala apapun.

Ia juga berpesan kepada para jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kekompakan selama berada di Tanah Suci.

"Kemudian kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur," katanya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Belitung, Suyanto di Tanjung Pandan, Senin, mengatakan pada hari ini jamaah dilepas untuk berangkat menuju Pangkal Pinang dan menginap di embarkasi antara selama satu malam sebelum bertolak ke Palembang untuk menuju Jeddah.

"Jamaah akan menginap satu malam di embarkasi antara Pangkal Pinang dan kembali menjalani pemeriksaan kesehatan, penyelesaian administrasi keberangkatan, pembagian gelang haji, kemudian pemberian uang saku," katanya.

Kemudian pada Selasa (28/6), jamaah calon haji akan berangkat menuju Palembang.

"Setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang jamaah akan berpindah pesawat dan bertolak menuju Jeddah menggunakan pesawat Saudi Airline Pukul 13.40 WIB," ujarnya.*

Baca juga: Mengambil hikmah dari penundaan ibadah haji 2021

Baca juga: Bila 2022 dibuka, Belitung tetap prioritaskan calhaj 2020 berangkat

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022