Polisi Hong Kong persiapkan kemungkinan kedatangan Xi Jinping

Polisi Hong Kong persiapkan kemungkinan kedatangan Xi Jinping

Arsip foto - Seorang polisi berjaga di bawah bendera China dan Hong Kong di Hong Kong, China (12/12/2021). ANTARA/Reuters/Tyrone Siu/as.

Kepolisian akan mengambil berbagai tindakan yang sesuai untuk memastikan seluruh operasi keamanan dilakukan dengan cara yang aman dan tertib
Beijing (ANTARA) - Kepolisian Wilayah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) melakukan berbagai persiapan  menghadapi kemungkinan kedatangan Presiden China Xi Jinping dalam peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke China sekaligus pelantikan jajaran pejabat baru HKSAR, Jumat (1/7).

"Kepolisian akan mengambil berbagai tindakan yang sesuai untuk memastikan seluruh operasi keamanan dilakukan dengan cara yang aman dan tertib," demikian juru bicara Kepolisian HKSAR di laman resminya, Rabu.

Tindakan-tindakan yang dilakukan mengarah penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki.

"Kami memohon pengertian masyarakat dan dukungannya agar mematuhi instruksi dari petugas polisi. Humas polisi juga akan menyampaikan kepada masyarakat lokal mengenai dampak pengalihan arus lalu lintas," demikian laman resmi Kepolisian HKSAR.

Baca juga: Kepada Biden, Xi tegaskan Taiwan, Hong Kong, Xinjiang urusan China

Situasi lalu lintas di kawasan Admiralty dan Wan Chai North bakal terdampak pengalihan arus tersebut selama acara berlangsung.

"Pengendara motor disarankan menghindari kawasan itu. Jikalau sangat mendesak untuk bepergian ke kawasan itu, disarankan mengatur rencana sebelumnya, bersabar, dan mengikuti arahan petugas kepolisian di lokasi," demikian laman tersebut.

Semua tamu yang diundang pada upacara peringatan 25 tahun reunifikasi Hong Kong dengan China dan pelantikan pemimpin HKSAR akan diatur melalui mekanisme lingkaran tertutup (close loop) dan wajib menjalani tes PCR.

Para pejabat petahana dan pejabat baru HKSAR dikarantina di beberapa hotel khusus dan tamu lainnya harus mengikuti sistem lingkaran tertutup mulai Kamis (30/6).

Sejumlah anggota legislatif Hong Kong (LegCo) sudah menerima undangan elektronik untuk menghadiri upacara pengibaran bendera di Golden Bauhinia Square pada Jumat (1/7) pukul 08.00 waktu setempat (07.00 WIB) dan pelantikan pejabat baru HSAR di Hong Kong Convention and Exhibition Center pada pukul 10.00 (09.00 WIB).

Kepala Eksekutif HSAR Carrie Lam yang bakal digantikan John Lee Ka Chiu telah memasuki hotel karantina terlebih dulu sejak Senin (27/6) bersama jajaran pejabatnya sebagaimana laporan media lokal.

Untuk memastikan acara di Hong Kong tersebut, otoritas Kota Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, melarang warganya menerbangkan pesawat kecil atau drone selama enam hari terhitung mulai Selasa (28/6). Hong Kong dan Shenzhen berbatasan darat dan laut di wilayah selatan daratan China.

Jika kedatangan Xi tersebut terwujud, maka untuk pertama kalinya orang nomor satu di China itu melakukan perjalanan ke luar wilayahnya sejak COVID-19 mulai mewabah pada awal 2020. 

Baca juga: Xi Jinping minta Hong Kong prioritaskan penanganan COVID-19
Baca juga: Saham Hong Kong menguat, ditopang sinyal positif pertemuan Biden-Xi

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar