Beijing (ANTARA) - Konsulat Jenderal RI di Hong Kong tutup pada Jumat saat digelar upacara peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke China.

Berkenaan dengan peringatan Hari Pembentukan Wilayah Hong Kong SAR, KJRI Hong Kong tutup pada tanggal 1 Juli 2022, demikian pengumuman resmi KJRI Hong Kong dalam bahasa Indonesia dan Inggris itu.

Pihak KJRI Hong Kong memberikan nomor telepon hotline 67730466 dan 68942799 kepada masyarakat setempat, khususnya warga negara Indonesia yang membutuhkan pelayanan darurat.

Di Hong Kong terdapat sekitar 175 ribu WNI yang mayoritas perempuan pekerja migran di sektor informal.

Sementara itu, upacara pengibaran bendera peringatan kembalinya Hong Kong ke China digelar di Golden Bauhinia Square mulai pukul 08.00 waktu setempat (07.00 WIB).

Bendera China dan bendera Hong Kong dikibarkan secara bersamaan oleh personel kepolisian Hong Kong dengan diiringi lagu kebangsaan China.

Presiden China Xi Jinping yang sudah tiba di Hong Kong dengan menggunakan kereta api sejak Kamis (30/6) sore turut menghadiri upacara tersebut.

Selanjutnya pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu menghadiri pelantikan John Lee sebagai  Kepala Eksekutif Wilayah Administratif Khusus (HKSAR) di Hong Kong Convention and Exhibition Center pada pukul 10.00 (09.00 WIB).

John Lee akan dilantik sebagai kepala eksekutif yang baru menggantikan Carrie Lam yang telah habis masa jabatan periode pertamanya selama lima tahun dan tidak mencalonkan diri lagi pada pemilu Mei lalu.

Baca juga: Xi Jinping tiba di Hong Kong, perjalanan pertama ke luar China daratan
Baca juga: Polisi Hong Kong persiapkan kemungkinan kedatangan Xi Jinping
Baca juga: China putuskan John Lee sebagai Kepala Eksekutif Hong Kong

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022