Jakarta (ANTARA) - Platform keuangan BUMN LinkAja bersama dengan mitra platform edukasi (edtech) dan berbagai universitas terbaik di Indonesia berkolaborasi melalui program PeDe Membangun Pendidikan Bersama LinkAja dalam rangka mendukung pendidikan skala nasional.

“LinkAja memahami bahwa kontribusi nyata dalam upaya literasi untuk mencapai inklusi keuangan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari misi besar perusahaan untuk menjadi penyedia jasa transaksi keuangan digital yang terdepan,” kata Direktur Marketing LinkAja Muhammad Rendi Nugraha dalam keterangannya diterima di Jakarta pada Kamis.

Ia melanjutkan, kegiatan ini dijalankan sebagai salah satu bentuk dukungan untuk berbagai program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang diantaranya adalah Program Merdeka Belajar dan peningkatan digitalisasi di ranah pendidikan.

Baca juga: LinkAja perkuat ekosistem layanan keuangan digital

Program PeDe Membangun Pendidikan Bersama LinkAja dikemas dalam bentuk kegiatan webinar berbagi ilmu oleh LinkAja dan mitra platform edukasi seperti Eduku, Karier.mu, Sekolah.mu, Rumah Siap Kerja, Cariilmu.co.id, Pijar Mahir dan Binar Academy dengan tema pengenalan terkait dunia teknologi finansial, entrepreneurship dan persiapan untuk berkarir kepada mahasiswa/i universitas yang bermitra LinkAja.

Lebih lanjut Rendi mengatakan bukti nyata peranan LinkAja dalam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan digital ini juga turut diperkuat dengan pengenalan fitur-fitur layanan finansial digital di ekosistem pendidikan Indonesia kepada universitas.

Adapun contoh penerapannya di ranah pendidikan seperti penyaluran dana beasiswa serta tunjangan para dosen dan karyawan dan juga digitalisasi pembayaran di area kampus.

“Sinergi yang dibangun bersama banyak pihak pun akan semakin mendemokratisasi transformasi kegiatan bertransaksi digital di Indonesia,” ujar Rendi.

Sejumlah perguruan tinggi yang bermitra dengan LinkAja dalam program ini meliputi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Pamulang, Universitas Sutomo, UniSadhuGuna Business School (UBS), Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA, dan Universitas Mulawarman.

Selain itu, LinkAja juga turut serta bekerjasama dalam kolaborasi srategis lainnya seperti kesempatan untuk magang kepada mahasiswa/i universitas partner LinkAja.

Kegiatan yang dihadirkan oleh LinkAja tersebut juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan dalam menyongsong Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2022 (FEKDI 2022) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia untuk menjadi wadah dalam melakukan sinergi kebijakan dan landasan implementasi berbagai inisiatif pengembangan dan perluasan ekonomi dan keuangan digital untuk mengakselerasi transformasi digital dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: LinkAja kolaborasi dengan Kemnaker dukung program TKM Pemula

Baca juga: Telkom akan perbesar potensi sinergi LinkAja, GoTo dan startup lainnya

Baca juga: LinkAja perkuat program sertifikasi halal


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022