Palangka Raya (ANTARA) - Manajer Kalteng Putra Hasanudin Noor mengkonfirmasi rencana timnya untuk menggelar seleksi pemain lokal pada Minggu (3/7) besok guna persiapan mengarungi Liga 2 Indonesia 2022-23.

"Kami sudah menyurati klub-klub lokal yang berada di Kalteng, agar bisa mengirimkan lima pemainnya untuk mengikuti seleksi pemain Kalteng Putra," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Seleksi pemain lokal tersebut akan melibatkan anggota komite eksekustif (Exco) Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalteng 2022-2026 serta segenap pemerhati sepak bola setempat.

Menurut Hasanudin hal itu dilakukan sebagai upaya manajemen Kalteng Putra mendidik pesepak bola lokal agar bisa berprestasi dan memiliki kualitas permainan yang bisa bersaing dengan para pemain luar Pulau Kalimantan.

"Memang tim ini masih mengandalkan pemain dari luar Kalteng, namun kami ingin merangsang seluruh pemain lokal juga bisa berpartisipasi dan ke depannya bisa bersaing dengan pemain luar sehingga gairah sepak bola di provinsi ini menggeliat kembali," katanya.

Baca juga: Manajer Persipura tak sanggup kelola tim jika belum ada anggaran

Hasanudin juga masih menunggu kejelasan regulasi dari PT Liga Indonesia Baru terkait jumlah pemain serta ambang batas kewajiban kuota pemain lokal.

"Pemain yang dinyatakan lolos dalam seleksi, nantinya akan kami latih mereka ke luar dari Pulau Kalimantan dan akan digabungkan dengan pemain lainnya," ungkapnya.

Ditegaskan Hasanudin, berdasarkan hasil Kongres PSSI di Kota Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu, Liga 2 akan bergulir setelah turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Kemungkinan besar Liga 1 dan 2 Indonesia tersebut bergulir akhir Agustus 2022. Dengan adanya jeda waktu yang cukup lama, maka manajemen Kalteng Putra terus melakukan persiapan demi mematangkan kesiapan tampil di liga nasional.

"Ya harapan kami Kalteng Putra tahun ini bisa lolos ke Liga 1 meskipun klub yang berada di Liga 2 banyak yang memiliki pengalaman dari Liga 1 Indonesia pada tahun lalu," kata Hasanudin.

Seleksi pemain lokal untuk Kalteng Putra rencananya dilangsungkan di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, dan menurut informasi yang dikumpulkan ANTARA sudah banyak pemain baik dari dalam Kalteng maupun provinsi lain yang telah menghubungi manajemen untuk kesempatan bergabung dengan Laskar Isen Mulang.

Baca juga: Sriwijaya FC datangkan 17 pemain anyar untuk Liga 2 musim depan

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022