Kami akan sampaikan apa yang menjadi masalah para nelayan kepada eksekutif
Cirebon (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani berjanji akan membantu mengatasi masalah yang dihadapi para nelayan di Kota Cirebon, Jawa Barat, dengan menyampaikan aspirasi maupun keresahan mereka kepada pemerintah.

"Keluhan para nelayan Kota Cirebon akan segera ditindaklanjuti dengan menyampaikan kepada eksekutif dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)," kata Ketua DPR RI dalam kunjungan kerja ke Kota Cirebon, yang antara lain, menemui para nelayan setempat, Senin.

Keresahan nelayan tersebut segera disampaikan ke KKP yang berwenang memutuskan dan mencarikan solusi para nelayan, seperti masalah asuransi jiwa nelayan.

"Kami akan sampaikan apa yang menjadi masalah para nelayan kepada eksekutif, agar bisa mencarikan solusi," tuturnya.

Para nelayan di Kota Cirebon minta bantuan kepada Ketua DPR RI karena menemui kendala selama ini, seperti asuransi jiwa bagi nelayan yang sudah tidak lagi dilanjutkan oleh pemerintah.

Selain itu, jembatan untuk kapal bersandar juga sudah lapuk dan rusak sehingga butuh segera diperbaiki. Meskipun sudah disampaikan kepada Menteri KKP, kata nelayan, sampai saat ini belum direalisasikan.

"Kami sudah meminta bantuan kepada Pak Menteri KKP, tapi sampai saat ini belum terealisasi," kata seorang nelayan asal Kota Cirebon Mulyadi saat menyampaikan aspirasi kepada Ketua DPR RI.

Tidak hanya itu, para nelayan juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan meskipun sudah mempunyai surat rekomendasi.

"Kami mohon bantuannya agar masalah BBM ini segera teratasi karena nelayan sangat sulit sekali mendapatkan solar, padahal surat sudah ada," tuturnya.

Baca juga: Puan sebut dia belum ditunjuk jadi bakal capres

Baca juga: 34 ribu nelayan tradisional di Kepri dapat asuransi tenaga kerja

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022