Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) mengungkapkan pertemuan Sherpa G20 ke-2 yang akan dilaksanakan di Labuan Bajo, Indonesia pada 10-11 Juli 2022 akan dihadiri secara langsung oleh seluruh negara anggota G20.

Pertemuan Sherpa G20 ke-2 akan membahas tema utama Presidensi G20 Indonesia 2022, khususnya transisi energi dan kepedulian pada perubahan iklim

"Ini termasuk dari Rusia, yang hadir tentu Sherpa mereka atau delegasi pejabat yang ditunjuk mewakili kepala negaranya," ungkap Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Edi Prio Pambudi dalam media briefing secara virtual di Jakarta, Kamis.

Selain 20 negara anggota, ia menuturkan terdapat pula lima negara undangan yang telah mengonfirmasi kehadirannya dalam perhelatan tersebut, yakni Spanyol, Singapura, Belanda, Fiji, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Kendati begitu, beberapa negara undangan seperti Senegal, Kamboja, Rwanda, dan Suriname masih belum memberikan konfirmasi kehadiran dalam agenda tersebut.

"Kami memang mengundang juga negara-negara berkembang karena nantinya Presidensi G20 akan banyak dilanjutkan oleh negara berkembang," jelasnya.

Dalam acara tersebut, kata dia, beberapa organisasi internasional pun akan memberikan pandangan isu, seperti Dana Moneter Internasional (IMF) yang akan menjelaskan situasi dunia dan keuangan saat ini dan Organisasi Makanan dan Agrikultur (FAO) yang akan menjelaskan kondisi pangan.

Kemudian, Agensi Energi Terbarukan Internasional (IRENA) akan membahas isu energi terbarukan. Ketiga isu tersebut, yakni keuangan, pangan, dan energi, merupakan kekhawatiran global saat ini.

Ia mengungkapkan beberapa organisasi internasional yang sudah mengonfirmasi kehadiran secara langsung, yakni Bank Pembangunan Asia (ADB), Financial Stability Board (FSB), IMF, Bank Pembangunan Islam (IsDB), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan Bank Dunia.

Namun, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Organisasi Pekerja Internasional (ILO) terkonfirmasi akan menghadiri pertemuan Sherpa G20 ke-2 secara virtual.

Baca juga: Menko Airlangga keluarkan aturan soal agenda Sherpa Track G20

Baca juga: Sherpa GCRG bahas pentingnya kolaborasi atasi krisis global

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022