Secara khusus, kami juga menawarkan beasiswa bagi militer Tunisia untuk belajar di sekolah tinggi pertahanan (di Indonesia) dalam berbagai ilmu kemiliteran
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi bertemu dengan Menteri Pertahanan Tunisia Emad Memmisy untuk membahas penyelesaian naskah kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Tunisia.

Pertemuan antara Dubes RI dan Menhan Tunisia itu dilaksanakan di kantor Kementerian Pertahananan Tunisia di kota Tunis pada Rabu (6/7), menurut keterangan KBRI Tunisia yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Pertemuan dengan Menteri Pertahanan Tunisia berlangsung hangat dan penuh keakraban. Kami membahas finalisasi naskah kerja sama bidang pertahanan antara Indonesia-Tunisia sebelum ditandatangani oleh menteri kedua negara," kata Dubes Zuhairi.

"Insya Allah, dalam waktu dekat kerja sama akan disepakati, dan tinggal diimplementasikan," ujarnya.

Baca juga: KBRI promosikan, dorong ekspor kopi Indonesia ke Tunisia

Dubes Zuhairi menjelaskan beberapa hal yang menjadi poin kerja sama, di antaranya latihan pertahanan bersama, kunjungan, pendidikan militer, dan pemberian beasiswa.

"Secara khusus, kami juga menawarkan beasiswa bagi militer Tunisia untuk belajar di sekolah tinggi pertahanan (di Indonesia) dalam berbagai ilmu kemiliteran, serta memulai beberapa poin yang disepakati untuk ditindaklanjuti dalam kegiatan-kegiatan yang semakin mendekatkan hubungan bilateral Indonesia dan Tunisia," katanya.

Dubes Zuhairi Misrawi juga menegaskan bahwa kerja sama bidang pertahanan di antara kedua negara membuktikan kedekatan dan persahabatan yang dibangun sejak era Presiden Soekarno dan Habib Bourgaiba.

"Kedekatan dan persahabatan kedua bapak Bangsa, Soekarno dan Habib Bourgaiba, dapat menjadi modal diplomasi dan hubungan bilateral dalam berbagai bidang, khususnya pertahanan. Saya optimistis hubungan bilateral di antara kedua negara akan semakin membaik di masa mendatang," ucapnya.

Indonesia dan Tunisia telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1960. Indonesia memuji Tunisia sebagai contoh sukses dari transisi demokrasi di Dunia Arab.

Baca juga: Dubes RI dorong peningkatan kerja sama budaya Indonesia-Tunisia
Baca juga: Dubes Zuhairi hibahkan kitab tafsir ke mahasiswa Indonesia di Tunisia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022