Jakarta (ANTARA) - Petugas Polres Metro Jakarta Timur menggelar giat Aman Nusa 2 dengan memeriksa kesehatan hewan kurban guna mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di lapak penjualan hewan kurban jenis sapi.

Plh Kepala Bagian Operasi Polres Metro Jakarta Timur AKBP Khairudin mengatakan kondisi hewan kurban yang ada di lapak penjual dalam keadaan sehat.

Baca juga: Presiden Jokowi salurkan kurban di dua lokasi Jakarta

"Dari hasil pemeriksaan kita di lapangan, tidak ditemukan adanya hewan yang terindikasi PMK, " kata AKBP Khairudin di Jakarta, Jumat.

AKBP Khairudin menambahkan hingga jelang H-3, Polres Metro Jakarta Timur belum menerima adanya laporan dari masyarakat mengenai hewan kurban yang terindikasi menderita PMK.

Selain memeriksa kesehatan hewan, Polres Metro Jakarta Timur memeriksa kebersihan kandang dan penyemprotan desinfektan di sekitar kandang hewan kurban.

Anggota Polres Metro Jakarta Timur juga menyasar pemeriksaan hewan kurban jenis kambing di lapak pedagang.

Baca juga: Warga Pulau Seribu diajak sediakan kuburan darah hewan kurban

Pengurus lapak hewan kurban BliSapi, Yusuf mendukung adanya pemeriksaan yang dilakukan Polres Metro Jakarta Timur sehingga bisa memastikan hewan kurban yang dijual terjamin kesehatannya.

"Tadi dari Polres melakukan pemeriksaan kesehatan sapi dan penyemprotan desinfektan di sekitar kandang, alhamdulillah sapi-sapi disini dalam keadaan sehat kalau tidak sehat kita sudah lakukan karantina," tutur Yusuf.

Yusuf juga mengatakan pihaknya saat ini sudah memasuki tahap pengiriman hewan kurban yang telah dibeli.

Selain dengan adanya pemeriksaan dari Polres maupun Dinas terkait lainnya, pihaknya juga selalu memeriksa dan memantau kesehatan sapi-sapi yang ada di lapak.

Baca juga: Puluhan hewan kurban Kepulauan Seribu bebas PMK

Pewarta: Fahrul Marwansyah
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022