Jakarta (ANTARA) - Pebasket Tanah Air Derrick Michael Xzavierro 100 persen percaya diri menatap peluang Indonesia pada FIBA Asia Cup 2022 yang akan segera bergulir di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, 12-24 Juli.

“Kepercayaan diri saya 100 persen. Pastinya saya akan memberikan semuanya yang terbaik yang saya miliki kepada tim, kepada Indonesia untuk menang di FIBA Asia Cup,” ujar Derrick dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat.

Derrick yang masih berusia 19 tahun itu mengaku makin percaya diri karena dia merasa kemampuan bola basket yang dimiliki saat ini jauh lebih baik terutama setelah tergabung dalam program NBA Academy di Australia.

Baca juga: Marques Bolden dan Derrick Michael buat Indonesia lebih kompetitif

Pebasket keturunan Indonesia-Kamerun itu sebelumnya pernah bermain bersama tim nasional Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia FIBA di Mahaka Arena, Jakarta saat usianya masih 16 tahun. Pada saat itu, Derrick hanya mendapat kesempatan dua menit bermain.

Namun dua tahun berlalu, Derrick kini menjadi salah satu pemain yang cukup sering mendapat kepercayaan menit bermain cukup lama.

Pemain berpostur 210 cm itu bahkan menjadi mesin pencetak angka Indonesia saat tampil melawan Filipina di SEA Games Vietnam, Mei lalu. Derrick mencatatkan double-double dengan 24 poin 18 rebound dan mengantarkan tim Merah Putih mencetak sejarah medali emas SEA Games.

“Kami sangat berkembang sebagai tim. Secara pribadi saya juga berkembang. Saya sebelumnya menimba ilmu di NBA Academy. Skill set saya bertambah. Saya juga lebih siap. Saya rasa sebagai tim kami lebih percaya diri. Sebagai pribadi, saya juga makin pede, ucap Derrick, yang akan segera tampil dalam kejuaraan bola basket elite antarpelajar Amerika Serikat Divisi I, NCAA itu.

Baca juga: Derrick Michael akui Marques Bolden punya peran penting bagi Indonesia

“Sekarang, saya ingin membawa energi dan seluruh kemampuan saya ke dalam tim,” katanya lagi.

Indonesia akan mengawali fase penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 melawan Arab Saudi pada 12 Juli sebelum bertemu Yordania dua hari berselang, dan sang juara bertahan Australia pada 16 Juli.

Indonesia harus finis peringkat delapan besar dari 16 tim peserta FIBA Asia Cup 2022 demi mengamankan satu tempat ke Piala Dunia FIBA 2023, yang juga akan digelar di Jakarta serta dua kota lainnya di Jepang dan Filipina.

Baca juga: Derrick Michael lebih percaya diri tampil bersama timnas basket

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022