New York (ANTARA) - Hedge fund atau dana lindung nilai membukukan kinerja negatif pada Juni, membawa kerugian tahun ini hampir 6,0 persen, karena volatilitas di seluruh pasar meningkat, sebuah laporan oleh penyedia data dana lindung nilai HFR menunjukkan pada Jumat (8/7/2022).

Indeks komposit tertimbang dana turun 3,08 persen bulan lalu. Semua empat kategori dana lindung nilai utama yang berbeda yang dilacak oleh HFR - ekuitas, event-driven, nilai makro dan relatif - membukukan kerugian pada Juni.

"Tren risk off (penghindaran risiko) yang kuat dipercepat pada Juni mendorong volatilitas pasar keuangan yang ekstrem dengan perdagangan dana lindung nilai melalui berbagai risiko termasuk tidak hanya inflasi, kenaikan suku bunga, kelanjutan perang Rusia-Ukraina dan rekor kenaikan harga energi, tetapi juga peningkatan kemungkinan resesi ekonomi AS yang dipimpin konsumen," Kenneth J. Heinz, presiden HFR mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dana lindung nilai ekuitas, terutama yang diinvestasikan dalam saham-saham pertumbuhan, yang penilaiannya lebih bergantung pada arus kas masa depan, telah menjadi yang paling terpukul oleh volatilitas pasar. Mereka anjlok 12,3 persen pada paruh pertama tahun ini, tetapi mengungguli S&P 500, yang turun sekitar 20 persen.

Namun demikian, dana lindung nilai makro masih di wilayah positif untuk paruh pertama tahun ini, naik 8,98 persen meskipun turun 0,42 persen pada bulan lalu. Manajer makro memperdagangkan berbagai aset, seperti obligasi, mata uang, kurs, saham dan komoditas.

Meskipun jalan bergelombang bulan lalu, beberapa manajer makro mampu membukukan keuntungan dua digit untuk tahun ini. Dana makro Rokos Capital Management turun 4,0 persen pada Juni, tetapi kinerjanya tahun ini masih positif sebesar 12 persen, menurut dua sumber.

AQR Capital Management mengatakan kepada investor dana strategi makro globalnya naik 23,1 persen hingga Juni, karena diuntungkan dari lingkungan lonjakan inflasi dan pengetatan kebijakan moneter, kata sumber.

Bridgewater Associates, yang melonjak 32,2 persen pada semester pertama tahun ini, meskipun menghadapi beberapa kerugian dalam perdagangan obligasi terkait inflasi dan mata uang pasar negara berkembang.

HFR mengatakan kinerja hedge fund telah banyak mengalami divergensi tahun ini. Dana di desil teratas dari apa yang disebut Indeks Komposit Tertimbang Dana HFRI naik rata-rata 34,6 persen, sedangkan desil bawah turun 32,2 persen.

Keuntungan, bagaimanapun, terbatas pada 37 persen dari dana-dana, HFR menambahkan.

Baca juga: Hedge fund catat kinerja negatif pada Mei karena kekhawatiran resesi
Baca juga: Wall St bervariasi, investor pertimbangkan data pekerjaan, suku bunga
Baca juga: Dolar cenderung datar setelah data pekerjaan AS kalahkan ekspektasi

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022