Menjadi pribadi lebih baik setelah bebas nanti tentu menjadi cerminan keberhasilan pembinaan di lapas.
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) Lilik Sujandi mengatakan Idul Adha harus dijadikan momentum menciptakan lingkungan lembaga pemasyarakatan (lapas) yang lebih baik.

"Petugas lapas harus semakin memiliki akhlak yang baik, kesabaran dan keikhlasan, sehingga ke depannya tercipta suasana yang lebih baik di lapas," kata Lilik, di Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Minggu.

Menurut Lilik, perbaikan akhlak menjadi kunci perubahan perilaku dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Begitu juga warga binaan pemasyarakatan harus pula memiliki akhlak yang baik, agar senantiasa berbuat kebaikan selama menjalani masa pidana.

"Menjadi pribadi lebih baik setelah bebas nanti tentu menjadi cerminan keberhasilan pembinaan di lapas," ujarnya.

Untuk itulah, Lilik berharap tak ada lagi pelanggaran sekecil apa pun di lapas, baik penyelundupan barang terlarang ataupun hal lain yang memicu terganggunya keamanan di lapas.

"Saatnya kita bersih-bersih lapas dimulai dari diri sendiri oleh para petugas dan diikuti seluruh warga binaan," ujarnya pula.

Pada tahun ini, jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel melaksanakan pemotongan hewan kurban dengan jumlah 36 sapi dan 20 kambing yang tersebar di 13 kabupaten dan kota.
Baca juga: Kalsel jajaki pembukaan lapas terbuka dan keimigrasian di Pelaihari
Baca juga: Kemenkumham dorong kesadaran hak kekayaan intelektual pelaku bisnis

Pewarta: Firman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022