Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) menyelenggarakan program bahan pangan bersubsidi bagi masyarakat tertentu yang tersebar pada 28 lokasi di Jakarta Barat pada periode Juli 2022.

Informasi tersebut disampaikan laman Instagram @dkpkp.jakarta yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Stok pangan bersubsidi selalu tersedia di Pasar Slipi

Sementara itu, Koodinator Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Mahkota Jakarta Barat, Makmun menuturkan pembagian pangan bersubsidi menerapkan protokol kesehatan dan dibagi lima titik saat warga mengantre mengambil kebutuhan pokok.

"Kita susun tempatnya berjarak agar memudahkan masyarakat untuk mengantre," ujar Makmun.

Makmun mengungkapkan terdapat lima titik pendistribusian, yakni lokasi pertama untuk mengambil beras di Aula, titik kedua ada daging sapi dan ayam, ketiga ada ikan kembung, khusus untuk titik kedua dan ketiga dibutuhkan tempat penyimpanan daging beku agar bahan pangan awet.

Titik keempat ada telur ayam yang terletak di panggung, lalu ada susu UHT yang berada di tenda.

Setiap titik pendistribusian dikerahkan dua petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) juga dikerahkan dalam pengambilan bahan pangan bersubsidi sebanyak enam orang.

Diketahui, penggesekan pangan bersubsidi pada Kamis (7/7) dan didistribusikan, Jumat (8/7) di Alur Flamboyan dan Kembangan Utara.

Penggesekan Senin kemarin dan diambil pada Selasa ini di Cengkareng Timur Berseri dan Mahkota.

Untuk kawasan Kalideres, Mawar Duri Kosambi, dan Kampung Baru, penggesekan pada Selasa ini dan pengambilan Rabu esok.

Alur Kemuning, Duri Kosambi, Meruya Utara, penggesekan pada Rabu dan pengambilan Kamis.

Edelwis PGT, Matahari, Melati Indah, penggesekan Kamis dan pengambilan Jumat. Kemudian, Cambela, Joglo, Serasi pada Jumat dan Sabtu mendatang.

Baca juga: Warga Jakbar terbantu program pangan bersubsidi

Kawasan Alur Dahlia, Jeruk Manis, Kedoya Utara pada Senin (18/7) dan pengambil Selasa (19/7).

Kembangan Selatan, Pegadungan, Jatipulo Akur pada penggesekan pada Selasa (19/7) dan pengambilan Sabtu (20/7). Lalu, Bambu Kuning, Cabe Rawit, Duta Mas, Pandawa, Rambutan, Ria Damkar untuk penggesekan Jumat (22/7) dan pengambilan Sabtu (23/7).

Program ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga 12.30 WIB.

Berikut daftar harga pangan bersubsidi yang didapat warga:

Beras kualitas premium Rp30.000 per lima kilogram (kg), daging ayam seharga Rp8.000 per satu kg, daging sapi Rp35.000 per satu kg, telur ayam 13 butir Rp10.000, tujuh ekor ikan kembung Rp13.000 dan khusus susu UHT Rp30.000 per karton bagi pemegang KJP plus.

Kategori dari Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) dapat membeli produk pangan bersubsidi satu paket seharga Rp96.000 berisi satu paket tanpa susu UHT.

Sedangkan untuk pemegang kartu KJP plus satu paket seharga Rp126.000.

Program ini untuk masyarakat pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) plus, Kartu Lansia Jakarta, Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) dengan penghasilan di bawah UMP Rp1,1 juta dan Kartu Penyandang Disabilitas.

Program pangan bersubsidi hanya bisa digunakan satu kali dalam satu bulan bagi masyarakat pemegang kartu tersebut. Pembeliannya dibatasi satu dalam sebulan agar bantuan pangan bersubsidi ini bisa merata ke semua warga.

Baca juga: KPKP DKI diminta tambah porsi pangan bersubsidi

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022