Mekkah (ANTARA) - Jamaah haji gelombang II akan mulai diberangkatkan dari Mekkah ke Madinah pada 21 Juli 2022 dan akan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Bandar Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

"Di Madinah jamaah akan melaksanakan shalat arbain kurang lebih sekitar 8-9 hari," kata Kepala Daerah Kerja Mekkah Mukhammad Khanif di Mekkah, Rabu.

Mengacu Rencana Perjalanan Haji (RPH), jamaah haji gelombang II diberangkatkan ke Madinah mulai 21 Juli hingga 5 Agustus 2022.

Di Madinah, jamaah haji gelombang II akan melaksanakan ibadah arbain atau shalat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi, Madinah serta berziarah ke Raudhah.

Baca juga: Jamaah haji yang tanazul sebagian besar punya penyakit jantung

Baca juga: Seorang haji asal Maluku Utara dilaporkan meninggal di tanah suci


"Di Madinah, jamaah akan melaksanakan shalat arbain kurang lebih, ya, sekitar 8-9 hari," kata Khanif.

Usai dari Madinah, jamah haji gelombang II akan dipulangkan ke Tanah Air. Pada 30 Juli-13 Agustus 2022, pemulangan jamaah gelombang II dari Madinah ke Tanah Air. Akhir kedatangan jamaah haji gelombang II di Tanah Air pada 14 Agustus 2022.

Jamaah haji gelombang 1 akan mulai bertolak ke Tanah Air pada 15 dan 16 Juli 2022 melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi.*

Baca juga: Jamaah haji yang segera pulang diingatkan untuk disiplin prokes

Baca juga: Nakes harus tetap waspada meski puncak haji sudah selesai


Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022