Saat kapal melintas Pulau Prajurit mengalami gangguan mesin sehingga kandas
Bandarlampung (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni mengatakan bahwa Kapal Motor Penumpang (KMP) Batumandi yang kandas di Pulau Prajurit saat bertolak menuju Pelabuhan Merak karena kerusakan mesin sebelah kiri.

"KMP Batumandi bertolak dari dermaga eksekutif Bakauheni pukul 10.42 WIB menuju Merak dan saat kapal melintas Pulau Prajurit mengalami gangguan mesin sebelah kiri sehingga kandas," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Saifullah, dalam keterangan yang diterima, di Bandarlmapung, Rabu.

Ia mengatakan bahwa KMP Batumandi yang bertolak dari dermaga eksekutif Bakauheni membawa 393 orang penumpang, dan 148 unit kendaraan.

"Awak KMP Batumandi sudah meminta bantuan tugboat dan telah kami respons," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan evakuasi penumpang KMP Batumandi dengan tugboat setelah berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Ia pun mengatakan, ASDP akan melakukan upaya maksimal untuk segera mengatasi hal ini sehingga KMP Batumandi dapat segera beroperasi kembali.

"Untuk itu, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan, perkembangan dan kondisi terbaru akan kami laporkan kembali," kata dia.

Sebelumnya diberitakan bahwa KPM Batumandi dengan rute tujuan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan-Merak, Banten kandas di Pulau Prajurit setelah 15 menit waktu keberangkatan dari dermaga.

Baca juga: KM Sirimau kandas di wilayah perairan Lembata

Baca juga: Kapal Sabuk Nusantara 91 kandas di Pulau Setabok

Baca juga: Kapal Roro Tanjung Burang berhasil lepas kandas saat air laut pasang

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022