Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kodim TNI, polisi, Dinas Perhubungan dan Dinas Sosial Jakarta Timur merazia warga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di beberapa tempat di Jakarta Timur, Kamis.

Perwira Pengendali Penindakan Satpol PP Jakarta Timur, Sularno mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menertibkan para PMKS yang sering berkeliaran di Jakarta Timur.

Razia itu merupakan bagian operasi Tertib Jaya yang dilaksanakan secara terpadu bersama Kodim, Polres, Dishub dan Dinsos menertibkan PMKS yang berkeliaran,  ujar Sularno.

Dia mengatakan razia PMKS kali ini menyasar pada kelompok pengemis, gelandangan dan pengamen yang sering berada di wilayah Jakarta Timur.

Petugas gabungan merazia sekitaran Jalan Raden Inten kemudian bergerak menuju Jalan Pahlawan Revolusi, Banjir Kanal Timur hingga berakhir Jati Waringin.

Dari hasil operasi itu, petugas berhasil mengamankan delapan orang PMKS.

Walaupun sempat mendapatkan perlawanan, petugas tetap humanis dan tanpa tindakan kekerasan.
 
Sularno mengatakan seluruh PMKS yang terjaring selanjutnya akan dibawa ke Panti Sosial milik Dinas Sosial DKI Jakarta di Cipayung Jakarta Timur untuk mendapatkan pembinaan dan pemeriksaan kesehatan.

Baca juga: Kena razia, Manusia perak merengek minta dilepas
Baca juga: Pengojek daring kocar-kacir didatangi petugas razia parkir liar Jakut

Pewarta: Fahrul Marwansyah
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2022