Mamuju (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berjanji akan membantu mempromosikan kain tenun khas Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, yakni tenun ikat Sekomandi.

"Kami akan membantu mempromosikan tenun ikat Sekomandi ini, sebagai salah satu produk tenun lokal di Kabupaten Mamuju," kata Sandiaga Uno, saat mengunjungi sentra tenun ikat Sekomandi, di Desa Bambu Kabupaten Mamuju, Kamis sore.

Pada kunjungan Menparekraf ke sentra tenun ikat Sekomandi tersebut, turut dihadiri Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi serta pihak perbankan yang ada di daerah itu.

Selain akan membantu mempromosikan, Sandiaga Uno juga menyampaikan
akan membantu adaptasi tenun ikat Sekomandi tersebut.

"Kami juga mendorong penenun untuk melakukan inovasi karena pengalaman saya di dunia usaha melewati begitu banyak turbulensi krisis," ucapnya.

"Saya melihat, ibu Bunga sebagai penenun kain ikat Sekomandi ini, bisa dibekali dengan pelatihan dan pendampingan," ujar Sandiaga Uno.

Apalagi lanjutnya, kain ikat Sekomandi sudah dikenal hingga di San Francisco Amerika Serikat.

Menparekraf itu juga berharap agar tenun ikat Sekomandi dapat dimasukkan dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Kita harapkan, dengan bantuan semua pihak termasuk Kemenparekraf dan perbankan, bisa memasukkan rumah tenun ikat Sekomandi ini masuk di dalam Gernas BBI," tuturnya.

"Jadi, nanti pada pembukaan Gernas BBI di Sulbar pak Penjabat Gubernur bisa sedikit diselipkan ornamen tenun Sekomandi sebagai bagian dari penghargaan kita dari produk tenun lokal," ujar Sandiaga Uno.

Sementara, penenun kain ikat Sekomandi Bungalia menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno di sentra tenun Sekomandi miliknya.

Ia berharap, melalui kunjungan Menparekraf tersebut dapat membantu pemasaran kain tenun ikat Sekomandi.

"Melalui kunjungan Menparekraf ini, saya berharap adanya bantuan, baik dari pemerintah maupun pihak perbankan. Kami juga berharap bantuan pemasaran kain tenun ikat Sekomandi ini," kata Bungalia.

Selain mengunjungi sentra tenun ikat Sekomandi, Menparekraf Sandiaga Uno juga akan membuka Manakarra Fair 2022 yang dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi ke-482 Mamuju di Anjungan Pantai Manakarra pada Kamis malam.
Penenun kain Sekomandi Bungalia, saat diwawancarai pada kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, di sentra tenun ikat Sekomandi di Desa Bambu Kabupaten Mamuju, Kamis (14/7). (ANTARA/Amirullah)

Pewarta: Amirullah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022