Calon pengguna yang akan melakukan antigen di stasiun wajib menunjukkan bukti transaksi tiket dan membawa kartu identitas seperti KTP
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta meningkatkan layanan dengan menambah sebanyak empat lokasi layanan tes antigen COVID-19 di stasiun yakni Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan sebelumnya layanan tes antigen telah tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

"Masyarakat khususnya calon pengguna yang akan melakukan antigen di stasiun wajib menunjukkan bukti transaksi tiket dan membawa kartu identitas seperti KTP," kata Eva dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Eva mengatakan layanan tes antigen di stasiun Gambir dan Pasar Senen memiliki tarif Rp35 ribu dan berlaku sebagai bukti untuk perjalanan KA 1x24 jam.

Berikut informasi jadwal layanan operasional tes antigen di enam stasiun area Daop 1 Jakarta yakni Gambir pukul 06.00-22.00 WIB, Pasar Senen pukul 05.00-22.00 WIB, Bekasi pukul 08.00-18.00 WIB, Cikarang pukul 07.00-17.00 WIB, Karawang pukul 08.00-17.00 WIB, dan Cikampek pukul 07.00-13.00 WIB dan 17.00-23.00 WIB.

Ia mengatakan jika pada saat melakukan pemeriksaan di stasiun penumpang memiliki hasil positif, maka tidak diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan dan bea tiket akan dikembalikan 100 persen secara tunai.

"Proses pengembalian akan dibantu petugas," katanya.

Eva menyampaikan bagi calon penumpang yang akan melakukan antigen di stasiun pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan KA disarankan agar dapat mengatur waktu keberangkatan menuju stasiun untuk menghindari risiko tertinggal KA, mengingat proses antigen membutuhkan waktu.

Selain layanan antigen, terdapat juga layanan vaksin di Stasiun Gambir dan Pasar Senen dengan jam operasional mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Masyarakat khususnya calon pengguna yang akan melakukan vaksin di stasiun wajib membawa kartu identitas KTP atau kartu keluarga bagi anak usia di bawah 17 tahun.

"Layanan vaksin di stasiun tersedia untuk jenis vaksin Pfizer dan Sinovac. Diharapkan layanan tersebut dapat menekan kembali penyebaran COVID-19 di masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kembali pada seluruh calon penumpang khususnya yang berangkat pada 17 Juli dan seterusnya, agar memperhatikan kembali aturan persyaratan terbaru.

Seluruh pelanggan yang menggunakan jasa kereta api dipastikan telah memenuhi persyaratan sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Tujuannya untuk tetap menjadikan perjalanan KA yang aman, nyaman, dan sehat sampai di stasiun tujuan," ujarnya.

Baca juga: Tingkatkan layanan, KAI tambah tempat vaksinasi gratis di stasiun
Baca juga: Jumlah penumpang naik, KAI Jakarta pastikan protokol kesehatan terjaga
Baca juga: Penumpang KA jarak jauh belum booster wajib screening COVID-19

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022