Jakarta (ANTARA) - Mantan personel grup K-pop Wonder Girls dan KARA bersiap untuk kembali ke panggung musik sebagai solois, sementara kedelapan personel Girls' Generation dilaporkan tengah mempersiapkan reuni sebagai sebuah grup baru.

Pada masa kini, baik Wonder Girls, KARA, maupun Girls' Generation, tidak seaktif dulu namun mereka pernah menikmati masa kejayaan mereka yang mempelopori generasi kedua K-pop pada akhir 2000-an hingga awal 2010-an.

Mantan personel Wonder Girls Sunye akan mengeluarkan album solo pertamanya "Genuine" pada tanggal 26 Juli, sekitar 15 tahun setelah debut sebagai pemimpin timnya pada tahun 2007.

Baca juga: Album "Proof" BTS bertahan di Billboard 200 selama empat minggu

Album baru Sunye akan terdiri dari lima lagu termasuk single utama "Just A Dancer", menurut keterangan dari perusahaan manajemen barunya, Blockberry Creative. Selain itu, ada pula lagu “Now I Fly” dan “Glass Heart”. Lagu terakhir akan diputar di berbagai platform streaming pada 19 Juli seminggu sebelum rilis album.

"Single utamanya, 'Just A Dancer', merupakan lagu dance bertempo sedang yang mengungkapkan kepercayaan diri Sunye sebagai seorang penyanyi," agensi itu dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Korea Times pada Senin.

Selama bersama Wonder Girls, ia bersama personel lainnya meraih kesuksesan melalui lagu-lagu mereka yang bernuansa retro seperti "Tell Me" (2007), "So Hot" (2008), dan "Nobody" (2009) di bawah naungan JYP Entertainment.

Sunye, yang juga dikenal dengan kemampuan aktingnya, menghentikan kariernya pada 2013 setelah menikah dengan James Park. Dia meninggalkan Wonder Girls dua tahun kemudian dan hilang dari mata publik sampai muncul kembali di reality show tvN "Mama The Idol" tahun lalu.

Selain Sunye, mantang personel grup K-pop lain yaitu Nicole “KARA” juga akan mengeluarkan album solo “Bliss” dan dijadwalkan merilis single digital baru pada 27 Juli.

"Nicole baru-baru ini menyelesaikan syuting video musik untuk single digital barunya, dan sedang bersiap untuk tampil di berbagai acara musik di Korea. Penggemarnya akan melihat sisi dewasanya melalui karya baru,” kata label rekaman JWK Entertainment dalam sebuah pernyataan.

Setelah debut pada 2007, KARA menjadi populer dengan lagu-lagu seperti "Mister" (2009) dan "Lupin" (2010). Grup ini sangat populer di Jepang dan merupakan grup perempuan K-pop pertama yang melakukan konser di Tokyo Dome, stadion bisbol dalam ruangan terbesar di ibu kota negara itu.

Nicole kemudian berhenti dari grup pada tahun 2014 dan mulai menempa karier solo dengan mengeluarkan EP "First Romance".

Rumor beredar bahwa para personel KARA akan bersatu kembali tahun ini untuk merayakan ulang tahun mereka yang ke-15, tetapi agensi DSP Media mengatakan hingga saat ini pihaknya masih mendiskusikan hal tersebut.

Sementara itu, Girls' Generation telah mengonfirmasi bahwa mereka akan merilis album baru bersama-sama untuk merayakan ulang tahun ke-15 debut grup tersebut.

Menurut SM Entertainment, album baru Girls' Generation akan dirilis pada Agustus, sekitar lima tahun setelah grup tersebut merilis album penuh keenam "Holiday Night”. Namun rincian lebih lanjut masih dirahasiakan.

Sejak debutnya pada 2007, Girls' Generation meraih kepopuleran di dunia K-pop dengan lagu-lagu yang menduduki puncak tangga lagu seperti "Gee" (2009), "Genie" (2009) dan "Lion Heart" (2015).

Meskipun beberapa personel seperti Tiffany dan Seohyun tidak memperbarui kontrak mereka dengan SM, mereka masih menjadi bagian dari grup. Kedelapan personel saat ini muncul di reality show JTBC "Soshi Tamtam”.

Baca juga: Album solo J-Hope BTS kuasai tangga lagu iTunes di 49 negara

Baca juga: ITZY rilis EP baru "Checkmate" hari ini

Baca juga: aespa cetak rekor penjualan album girl grup pada pekan pertama

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022