Hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian saat pemberangkatan jamaah calon haji terulang lagi karena kurang sigapnya petugas dalam mengantisipasi kemungkinan adanya kemacetan dan sebagainya
Purwokerto (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meminta petugas penyambutan kedatangan jamaah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi asal Banyumas untuk datang lebih awal di lokasi kegiatan.

Saat dikonfirmasi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Banyumas Purwanto Hendro Puspito mengatakan jamaah haji asal Banyumas dijadwalkan kembali ke daerah asalnya mulai awal bulan Agustus 2022.

Dalam hal ini, kata dia, titik kedatangan jamaah haji asal Banyumas dipusatkan di Gelanggang Olahraga (GOR) Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, meskipun ada sejumlah jamaah haji dari wilayah eks Keresidenan Sumpiuh yang akan turun di Kecamatan Sumpiuh.

"Oleh karena itu, kami meminta petugas penyambutan di lapangan untuk bisa datang lebih awal, paling tidak dua jam sebelum kedatangan rombongan jamaah haji di GOR Satria," katanya.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian saat pemberangkatan jamaah calon haji terulang lagi karena kurang sigapnya petugas dalam mengantisipasi kemungkinan adanya kemacetan dan sebagainya.

Ia mengakui saat pemberangkatan Kelompok Terbang (Kloter) 29 sempat terjadi kendala akibat kemacetan di ruas jalan sekitar GOR Satria hingga akhirnya ada sejumlah calon jamaah haji yang turun di simpang Hotel Aston Purwokerto dan berjalan kaki menuju lokasi pemberangkatan.

"Kami berharap hal itu tidak terulang saat kedatangan jamaah haji besok maupun keberangkatan saat musim haji tahun depan," katanya.

Menurut dia  jamaah haji asal Banyumas terbagi dalam tiga kloter besar, yakni Kloter 28-SOC dijadwalkan mendarat di Debarkasi Solo pada tanggal 4 Agustus 2022, pukul 14.25 WIB, dan diperkirakan sampai di Purwokerto pada pukul 22.25 WIB dengan jumlah jamaah sebanyak 53 orang.

Sementara untuk Kloter 29-SOC dijadwalkan mendarat di Debarkasi Solo pada tanggal 5 Agustus 2022, pukul 01.05 WIB, dan diperkirakan sampai di Purwokerto pada pukul 09.05 WIB dengan jumlah jamaah sebanyak 356 orang.

"Untuk jamaah yang tergabung dalam Kloter 29-SOC ini, ada kurang lebih 22 orang yang turun di Sumpiuh, selebihnya di GOR Satria," katanya.

Selanjutnya untuk Kloter 30-SOC, kata dia, dijadwalkan mendarat di Debarkasi Solo pada tanggal 6 Agustus 2022, pukul 00.05 WIB, dan diperkirakan sampai di Purwokerto pukul 09.00 WIB dengan jumlah jamaah sebanyak 99 orang, 22 orang di antaranya turun di Sumpiuh.

Selain itu, lanjut dia, ada 4 orang jamaah haji asal Banyumas yang tergabung dalam Kloter "Sapujagat" 44-SOC dan digabung dengan Kloter 29-JKG Pondok Gede dijadwalkan mendarat pada tanggal 8 Agustus 2022, pukul 02.50 WIB, dan diperkirakan sampai di Purwokerto pukul 16.50 WIB.

"Diharapkan keluarga tidak menjemput di Solo, melainkan menjemput di GOR Satria Purwokerto," katanya.

Hingga saat ini, seluruh jamaah haji asal Banyumas dalam kondisi sehat dan telah menyelesaikan semua rukun wajib di Makkah, tinggal menunggu untuk diberangkatkan ke Madinah guna melakukan arbain, demikian Purwanto Hendro Puspito.

Baca juga: Menko PMK dan Menhub sambut kepulangan Jemaah Haji di Bandara Soetta

Baca juga: Kemenag Banyumas catat 21 orang ajukan pengembalian BPIH

Baca juga: Kemenkes: 51 haji dapat prioritas kepulangan karena alasan kesehatan

Baca juga: Wamenag lepas kepulangan 360 haji Embarkasi Solo 1

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022