Jakarta (ANTARA) - Jajaran Kodim 0503/ Jakarta Barat memanfaatkan lahan tidur seluas satu hektare di kawasan Intercon, Kembangan, Jakarta Barat, untuk ladang jagung.

"Tiap Koranmil harus siapkan lahan untuk ketahanan pangan untuk ditanami jagung," kata Danramil 07/ Kembangan, Kapten Kav Sarwadi, saat ditemui di kantor Kecamatan Kembangan, Senin.

Sarwadi menjelaskan, upaya tersebut dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan warga di wilayah Jakarta Barat, terutama Kembangan.

Sarwadi beserta jajarannya sebelumnya telah melakukan survei ke lokasi lahan tersebut. Berdasarkan survei itu, lahan tersebut dinilai cocok untuk dijadikan ladang jagung.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan komunikasi dengan pemilik lahan untuk membicarakan perjanjian penyewaan lahan tersebut.

Baca juga: Jakarta Barat bantu petani kelola 45 hektare sawah di dua kecamatan
Baca juga: Kelompok tani di Kalideres produksi 200 beras kemasan dalam sehari


Jika proses komunikasi telah selesai, pihaknya akan mengundang warga untuk memanfaatkan lahan seluas satu hektare tersebut menjadi ladang jagung.

Walau demikian, Sarwadi beserta jajarannya mengaku kesulitan untuk melakukan hal tersebut lantaran kekurangan fasilitas pengerukan lahan.

Karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) agar mau membantu dari segi fasilitas pengolahan tanah.

Sarwadi memastikan lahan tersebut akan diolah langsung dari warga dan hasil buminya juga akan diberikan kepada warga sekitar.

"Peralatan dan bibit dari kita dan hasilnya kita bagikan kepada warga," kata dia.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022