Los Angeles (ANTARA) - Otoritas kesehatan federal Amerika Serikat (AS) memperingatkan bahwa jumlah kasus cacar monyet di negara tersebut akan terus meningkat setidaknya hingga Agustus.

Hingga Jumat (15/7), total 1.814 kasus terkonfirmasi cacar monyet telah dilaporkan di AS, menurut data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS.

New York melaporkan jumlah terbanyak yaitu 489 kasus, diikuti oleh California dengan 266 kasus, dan Illinois dengan 174 kasus, papar data CDC.

"Saat kami memantau kasus dengan saksama, saya ingin anda semua memahami bahwa kami memperkirakan peningkatan kasus dalam beberapa pekan mendatang, berkat pengujian yang lebih baik untuk penyakit ini dan proses administrasi yang telah dirampingkan bagi negara-negara bagian untuk melaporkan kasus baru kepada pemerintahan Biden," kata Direktur CDC Rochelle Walensky pada Jumat (15/7).

Sejumlah pakar kesehatan mengatakan bahwa mengingat adanya bottleneck dalam pengujian di Amerika Serikat, penghitungan jumlah kasus cacar monyet kemungkinan tidak akurat.

"Kami tahu gejala cacar monyet biasanya dimulai dalam waktu tiga pekan setelah terpapar virus. Jadi, kami memperkirakan kita akan mengalami peningkatan kasus di sepanjang bulan Juli dan kemudian hingga Agustus," ujar Walensky. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022