Manado (ANTARA) - Tokopedia mengungkapkan transaksi belanja online di Kota Manado mengalami peningkatan selama kuartal II tahun 2022.

Peningkatan ini terjadi seiring dengan pertumbuhan Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM) di Kota Manado yang naik 1,5 kali lipat dibanding tahun 2021. Perkembangan positif UMKM ini turut mendorong minat masyarakat untuk melakukan transaksi belanja online mulai dari barang elektronik, otomotif, aksesoris lokal, hingga pembayaran pajak.

“Antusiasme masyarakat Kota Manado yang mulai mengandalkan teknologi untuk pembayaran pajak terlihat pada kenaikan jumlah transaksi Penerimaan Negara sebanyak hampir 2x lipat pada kuartal II 2022, dibanding periode yang sama di tahun 2021,” ungkap Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan, Senin.

Emmiryzan juga mengungkapkan bahwa masyarakat di Kota Manado tidak hanya menggunakan aplikasi Tokopedia untuk membeli kebutuhan dasar. Namun kini masyarakat mulai memanfaatkannya untuk membayar berbagai produk digital, seperti pulsa, listrik PLN, paket data, angsuran kredit, dan pascabayar.

Menjawab kenaikan tren positif ini, Tokopedia terus berusaha untuk meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat dengan konsisten melakukan sosialiasi pembayaran secara digital. Hal ini dibuktikan melalui hadirnya fitur E-Samsat yang memberikan kemudahan bagi pengguna di Sulawesi Utara untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan.

“Kami juga akan selalu berupaya untuk membantu seluruh penduduk Kota Manado agar dapat terus beradaptasi di era digital. Salah satunya dengan selalu mengimbau masyarakat untuk mempelajari dan menggunakan platform digital untuk pendataan dan pelaporan berbagai aktivitas termasuk penagihan pajak,” imbuhnya.

Menyikapi hal ini, Wali Kota Manado Andrei Angow memberikan apresiasinya terhadap Tokopedia sebagai salah satu e-commerce yang memberikan pelayanan dalam memudahkan pemenuhan aktivitas bagi masyarakat. Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan ikut mendorong digitalisasi di Kota Manado.

“Pemerintah Kota Manado mengapresiasi kehadiran Tokopedia sebagai salah satu platform yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022