Petugas kami akan memberikan pendampingan secara langsung
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka gerai konsultasi dan pendampingan kepada wirausaha baru mencakup perizinan berbasis daring agar usaha yang dijalankan berkembang dan mendapatkan perlindungan hukum.

"Petugas kami akan memberikan pendampingan secara langsung dalam pengurusan perizinan dan nonperizinan," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra di Jakarta, Selasa.

Layanan tersebut dibuka di Unit Pengelola PMPTSP di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur dengan nama "Gerai Memulai Usaha".

Dia menjelaskan layanan itu mulai dari tahap pengajuan sampai dengan penerbitan izin berbasis daring atau Online Single Submission (OSS) dan nonizin serta pelayanan konsultasi dan pendampingan izin edar pangan olahan dan sertifikat halal.

Benni menambahkan dipilihkan kawasan Cakung untuk membuka gerai tersebut karena di wilayah itu terdapat sekitar 23 ribu pelaku usaha mikro dan kecil atau yang terbanyak di Jakarta.

Selain itu, kawasan Cakung memiliki lokasi strategis karena berbatasan dengan daerah penyangga Jakarta seperti Bekasi, sehingga potensi bisnisnya cukup besar.

Pendirian gerai ini juga merupakan wujud kolaborasi bersama kementerian/lembaga, di antaranya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama RI.

Untuk itu, Benni mengimbau kepada para pelaku usaha mikro kecil memanfaatkan layanan yang disediakan guna melengkapi kebutuhan legalitas usaha.

Sementara itu, Camat Cakung Fajar Eko Satrio menaruh harapan besar dengan dibukanya layanan tersebut karena akan mendongkrak jumlah pelaku usaha mikro kecil seiring adanya inovasi layanan.

Ia berharap UMKM dapat menjadi jalan keluar untuk mengentaskan angka pengangguran setelah terdampak pandemi COVID-19.

"UMKM memiliki andil besar dalam penyerapan tenaga kerja dan berkontribusi terhadap keuangan negara terutama setelah masa pandemi, banyak warga di daerah kami yang kehilangan mata pencaharian dan mencoba memulihkan kegiatan ekonomi dengan membangun usaha," ucapnya.
Baca juga: Dekranasda DKI Jakarta-Tokopedia ajak masyarakat dukung UMKM lokal
Baca juga: Pemprov DKI prioritaskan produk lokal untuk belanja daerah
Baca juga: Anggota DPRD minta Pemprov DKI segera cegah lonjakan COVID-19

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022