Saat ini pintu masuk Aula 2 Arafah di Asrama Haji telah dipasangi pagar dengan tujuan agar jamaah haji tertib dalam proses pengambilan koper
Batam, Kepri (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hang Nadim Batam menyiapkan Aula 2 Arafah di Asrama Haji Batam sebagai tempat khusus untuk memisahkan koper milik jamaah haji agar tidak tertukar dan kondusif saat melakukan pengambilan koper.

Kepala Bidang Akomodasi PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam, Muhammad Qadar di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu mengatakan saat ini pintu masuk Aula 2 Arafah di Asrama Haji telah dipasangi pagar dengan tujuan agar jamaah haji tertib dalam proses pengambilan koper.

"Untuk koper besar milik jamaah akan dimasukkan di aula 2 kita, biar jamaah tidak masuk pagar yang sudah dipasang," katanya

Lebih lanjut, ia menjelaskan seluruh koper milik jamaah haji memiliki warna, bentuk, dan ukuran yang sama.

Dengan begitu pihaknya memastikan saat jamaah tiba di Asrama Haji tidak ada barang yang tertukar pada proses pengambilan koper.

"Koper semua sama model, sama warna, jadi kalau tidak hati-hati nanti salah ambil. Makanya di pagar untuk di pisahkan dulu, kalau sudah terpisah antara koper jamaah Batam, Bintan, Karimun, dan daerah lainnya, baru-lah bisa diambil koper-nya. Jadi aula 2 ini buat koper dan pemulangan jamaah besoknya," kata Muhammad Qadar.

Sementara itu, Sekretaris PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam, Edi Batara menyampaikan kedatangan jamaah haji 1443 Hijriah untuk kelompok terbang pertama akan tiba pada Selasa (26/7) 2022.

"Sesuai jadwal, hari pertama kedatangan jamaah kita yang kloter pertama itu tanggal 26 Juli 2022," katanya.

Kloter pertama merupakan jamaah haji asal Provinsi Kepulauan Riau, yang terdiri atas Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna, Kabupaten Anambas, Kabupaten Karimun, dan Kabupaten Lingga.

Ia  menjelaskan untuk jamaah haji asal Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Karimun, dan Kabupaten Bintan dapat langsung kembali ke daerah masing-masing.

Sedangkan untuk jamaah haji asal Kabupaten Natuna, Kabupaten Anambas, dan Kabupaten Lingga akan menginap di Asrama Haji Batam terlebih dahulu, demikian Edi Batara.

Baca juga: Debarkasi Batam sediakan sentra vaksin penguat untuk jamaah haji

Baca juga: jamaah Debarkasi Batam meninggal 40 orang

Baca juga: Jamaah haji Embarkasi Batam dirawat di KKHI Mekkah bertambah 12 orang

Baca juga: Seluruh jamaah haji Embarkasi Batam telah laksanakan tawaf ifadah

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022