suatu cambuk bagi yayasan untuk bisa membuka lagi klinik yang lain
Magelang (ANTARA) - Klinik Utama Mata "Dr Yap" membuka pelayanan Laser Assited in Situ Keratomileusis (LASIK) dan merupakan layanan kesehatan pertama yang menerapkan operasi mata dengan laser di wilayah Magelang dan sekitarnya.

Kepala Klinik Utama Mata "Dr Yap" Magelang dr. Rinanto Prabowo, Sp.M (K), M.Sc di Magelang mengatakan klinik ini telah hadir sembilan bulan di Kota Magelang dan kini dilengkapi dengan layanan LASIK.

LASIK merupakan salah satu prosedur dari bedah refraksi yang bertujuan untuk memperbaiki tajam penglihatan seseorang dengan mengubah bentuk atau membentuk kembali kornea.

Setelah mendapat tindakan LASIK diharapkan pasien tidak memerlukan kacamata maupun lensa kontak. LASIK dapat memperbaiki kelainan refraksi pada mata seperti mata minus (rabun jauh), plus (rabun dekat) atau silinder.

"Layanan ini merupakan salah satu unggulan kami sebagai solusi kebutuhan masyarakat Magelang dan sekitarnya yang menginginkan bebas dari penggunaan kacamata untuk menjalani aktivitas sehari-sehari, mendukung pekerjaan, meningkatkan kualitas hidup serta mencapai cita-cita yang diidam-idamkan," katanya.

Baca juga: Atasi mata minus tanpa lasik untuk anak, mungkinkah?
Baca juga: Yuki Kato berbagi pengalaman soal operasi Lasik


Ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Magelang dan sekitarnya yang telah memberi kepercayaan kepada Klinik Utama Mata 'Dr YAP' untuk turut mengabdi memberikan layanan kepada masyarakat serta ikut mengawal kemajuan masyarakat di bidang kesehatan, terutama mata.

Ketua Umum Yayasan Dr. YAP Prawirohusodo Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GPBH) H. Prabukusumo menyampaikan alhamdulillah sudah Klinik Utama Mata "Dr Yap" Magelang sudah berjalan baik, pasien paling tidak 30 orang per hari.

"Ini merupakan suatu prestasi luar biasa, cepat sekali belum ada satu tahun tetapi pasien sudah cukup banyak. Hal ini suatu cambuk bagi yayasan untuk bisa membuka lagi klinik yang lain untuk melayani masyarakat, karena peralatan yang kami miliki ini semuanya mutakhir dan canggih," katanya.

Ia menuturkan dengan melihat perkembangan terakhir cukup baik, pihaknya akan membuka klinik yang sama di Kabupaten Purworejo untuk mengampu daerah Purwokerto, Cilacap Kebumen, dan Purbalingga.

"Setelah itu mungkin di Klaten yang berada di timur Yogyakarta," katanya.

Baca juga: Prosedur lasik hanya untuk usia di atas 18 tahun
Baca juga: Lasik generasi terbaru tawarkan tindakan bedah tanpa pisau

Menurut dia dengan membuka sejumlah klinik mata tersebut merupakan upaya mendekatkan layanan kepada masyarakat, karena selama ini pasien Rumah Sakit Mata "Dr Yap" Yogyakarta banyak sekali datang dari Jawa Tengah, terutama Jateng bagian selatan.

Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno menyampaikan apresiasi kepada Klinik Utama Mata "Dr Yap" atas penyelenggaraan layanan LASIK di Kota Magelang.

"Hal ini tentu menjadi kabar gembira untuk masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan mata yang terjangkau," katanya.

Ia berharap dengan hadirnya klinik ini di Kota Magelang dapat mendukung terwujudnya visi Pemkot Magelang sebagai kota yang maju sehat dan bahagia.

"Kami berharap ke depannya akan lebih banyak lagi layanan-layanan kesehatan yang dapat hadir di Kota Magelang sehingga kualitas kesehatan masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya akan semakin baik," katanya. 

Baca juga: Kacamata antiultraviolet perlambat katarak

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022