Beijing (ANTARA) - Ketika China bergulat untuk menahan boikot hipotek yang telah memicu protes yang jarang terjadi, sensor telah menjadi alat untuk mempercepat pemblokiran pesan di media sosial, penghapusan video demonstrasi dan pencarian kata kunci di internet menjadi kosong.

Sensor menyaring atau menghapus rincian pembeli rumah yang marah mengancam untuk berhenti membayar hipotek pada ratusan proyek perumahan yang belum selesai, karena regulator berusaha meyakinkan penduduk bahwa semuanya akan diurus.

Protes telah meletus pada saat yang sensitif bagi Beijing. Presiden China Xi Jinping diperkirakan akan mengamankan masa jabatan kepemimpinan ketiga di Kongres Partai Komunis ke-20 akhir tahun ini, dan stabilitas sosial sangat penting menjelang pertemuan tersebut.

Dalam upaya untuk menenangkan pengunjuk rasa dan mengatasi krisis, regulator dan pemerintah daerah telah meningkatkan upaya untuk meyakinkan para kritikus bahwa proyek akan selesai.

Baca juga: China perketat sensor internet

Otoritas perbankan telah mendorong pemberi pinjaman untuk memberikan pinjaman untuk proyek-proyek, dan kabupaten - termasuk di provinsi Henan dan kota Chongqing - telah membentuk gugus tugas.

Tetapi gejolak yang meningkat atas perkembangan yang belum selesai sedang menguji perusahaan media sosial China, yang tunduk pada undang-undang ketat yang mengharuskan mereka untuk menyensor konten yang "merusak stabilitas sosial" atau yang kritis terhadap pemerintah pusat.

Satu video yang menunjukkan pemberitahuan sidik jari dari pembeli rumah yang menyatakan boikot pembayaran hipotek diblokir di Douyin, TikTok versi China, menurut gambar tersimpan yang ditunjukkan kepada Reuters oleh seorang pengunjuk rasa. Platform media sosial mengatakan "kontennya tidak lolos pengawasan".

Seorang pengunjuk rasa di kota Zhengzhou di provinsi Henan yang bermarga Lu mengatakan video tentang boikot hipotek yang dia unggah melalui Douyin adalah salah satu item yang sedang tren pada satu titik. Namun dia menambahkan bahwa video semacam itu tidak lagi dapat diunggah atau ditemukan di platform sosial media.

Yang, seorang pemrotes hipotek di Nanchang, ibu kota provinsi Jiangxi tenggara, mengatakan video protes hipoteknya di Douyin juga disensor.

ByteDance, yang memiliki Douyin, tidak segera menanggapi permintaan komentar penyensoran tersebut pada Rabu.

Pemrotes lain bermarga Wang, juga di provinsi Henan, mengatakan kepada Reuters bahwa dia mencoba mengunggah video tentang boikot hipotek, tetapi video itu dibatasi, gagal mendapatkan persetujuan, atau hanya bisa dilihat olehnya.

Pada platform media sosial Weibo, tagar #stopmortgagepayments telah disensor, menurut pencarian oleh Reuters. Sebuah pemberitahuan mengatakan: "Karena hukum dan aturan terkait, halaman topik tidak dapat ditampilkan."

Video-video lain diblokir atau dihapus dari situs media sosial termasuk adegan situs konstruksi kosong, pemrotes berkelahi dengan pengawal, dan komentar analis tentang gerakan boikot, menggarisbawahi sensitivitas masalah ini.

Pengunjuk rasa lain mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak dapat membagikan video terkait krisis melalui layanan pesan paling populer di China, WeChat.

Weibo, Tencent, yang memiliki WeChat, dan Cyberspace Administration of China (CAC), badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk menegakkan pedoman sensor, tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Penyensoran masalah ini tidak terbatas pada media sosial.

Seorang pejabat di pengembang mengatakan bosnya telah melarang stafnya mengomentari protes hipotek, bahkan off the record, karena "perintah dari atas".

Analis di beberapa perusahaan sekuritas dan riset di China mengatakan kepada Reuters bahwa mereka juga disarankan untuk tidak mengomentari unjuk rasa tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pasar saham Asia menguat setelah China pangkas suku bunga hipotek
Baca juga: China protes keras penangguhan kejuaraan tenis terkait skandal Peng

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022