Jakarta (ANTARA) - Tim bola basket Australia memastikan tiket semifinal FIBA Asia Cup 2022 usai mengalahkan Jepang yang tampil tanpa pebasket andalan Yuta Watanabe karena mengalami cedera.

Bertanding di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis, Australia menang atas Jepang dengan skor 99-85.

Australia yang menurunkan starter Thon Maker, Mitchell McCarron, William McDowell-White, Samson James Froling, dan Samuel McDaniel langsung tampil menyerang.

Tembakan tiga poin Samson Froling membuka keunggulan Negeri Kanguru pada kuarter pertama. Australia memanfaatkan keunggulan postur untuk terus menguasai jalannya pertandingan.

Baca juga: Jepang lengkapi bagan perempat final FIBA Asia usai tundukkan Filipina
Baca juga: Watanabe tunjukkan kualitas sebagai bintang Jepang di FIBA Asia Cup

Jepang yang tampil dengan starter Tenketsu Harimoto, Yuki Togashi, Luke Evans, Yudai Nishida, dan Yutaroh Suda juga berusaha untuk mengembangkan permainan.

Ketika tertinggal 3-15, pelatih Jepang Tom Hovasse memasukkan Keisei Tominaga. Hasilnya dia tercatat mencetak 11 poin pada kuarter pertama.

Namun Australia mampu meredam permainan Jepang hingga menutup kuarter pertama dengan keunggulan 33-22.

Pada kuarter kedua, persaingan sempat berlangsung sengit. Australia dan Jepang bersaing untuk bisa melesatkan bola ke ring.

Pada fase ini, tim asuhan Michael Clancy Kelly mencetak 16 poin atau unggul tipis dari Jepang dengan 12 poin. Skor pada kuarter kedua berakhir dengan 49-34 untuk Australia.

Baca juga: Lebanon ke semifinal FIBA Asia berkat kemenangan bersejarah atas China

Kemudian pada kuarter ketiga, Australia berusaha untuk mendominasi pertandingan. Pada sisi lain, Jepang terus memberikan perlawanan.

Secara keseluruhan, Australia masih mampu unggul dari raihan poin dengan 26 angka, sementara Jepang 20. Dengan hasil tersebut, Australia masih unggul dengan skor 75-54.

Pada kuarter terakhir, Jepang mencoba untuk terus mengejar ketertinggalan. Mereka mengandalkan tembakan tiga angka untuk bisa mencetak poin.

Usaha Jepang pada kuarter terakhir pun menghasilkan 31 poin atau lebih banyak dari Australia 24. Namun hasil tersebut tak mengubah skor akhir yakni 99-85 untuk Australia.

Dalam pertandingan ini, Thon Maker mencetak skor terbanyak untuk Australia dengan 21 poin, 13 rebound. Kemudian Rhys Anthony Vague dengan 19 poin dan Samson James Froling dengan 15 angka.

Sedangkan dari kubu Jepang, Keisei Tominaga mencetak 33 poin. Dia tampil apik sepanjang pertandingan dengan delapan tembakan tiga angka berhasil merobek ring Australia.

Kemudian Yuki Togashi dengan 14 poin, dan Soichiro Inoue dengan 11 poin.

Dengan hasil ini, Australia memastikan tiket babak empat besar. Thon Maker dan kawan-kawan masih menunggu pemenang dari pertandingan antara Korea Selatan dan Selandia Baru yang juga bergulir hari ini, pukul 20:00 WIB.

Baca juga: Perbasi tempuh beragam cara agar Indonesia tampil di Piala Dunia FIBA
Baca juga: Pelatih Yordania teramat bahagia akhirnya bisa kalahkan Iran lagi

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022