Jakarta (ANTARA) - Upaya keras dari pasangan Hong Kong Tang Chun Man/Tse Ying Suet tidak mampu membobol pertahanan solid dari pasangan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino pada babak semifinal Indonesia Open 2023, Sabtu.

Tang/Tse harus mengakui keunggulan lawan dan menelan kekalahan dengan skor 20-22, 21-11, 16-21 pada laga yang digelar di Istora Gelora Bung Karno itu. 

Gim pertama dimulai dengan cukup berimbang dan kedua pasangan saling berebut poin dengan ketat. Serangan demi serangan dilancarkan pasangan Hong Kong demi menerobos pertahanan solid Yuta/Arisa.

Namun, pertahanan pasangan Jepang masih cukup tangguh sehingga unggul 11-7 pada interval gim pertama.

Selepas interval, pasangan Hong Kong berusaha memperkecil ketertinggalan mereka dengan merebut angka melalui tempo permainan yang lebih cepat. Sempat tertinggal 12-15, Tang/Tse mengejar hingga akhirnya menyamakan skor 18-18.

Namun, serangan-serangan tajam Yuta membuat momen itu tak berlangsung lama bagi ganda campuran peringkat 21 dunia tersebut dengan match point untuk Jepang 20-18. Sayangnya, kesalahan servis malah membuat Tang/Tse meraih poin ke-19 dan mengejar dengan deuce, namun gim pertama tetap diklaim oleh Yuta/Arisa.

Baca juga: Chen Yu Fei taklukkan An Se Young di babak semifinal Indonesia Open
​​​​​​​
Gim kedua dimulai berimbang dan Tang/Tse yang mulai tampil lebih percaya diri sempat memimpin terlebih dahulu 3-1 atas pasangan Jepang.

Meski sempat menyamakan kedudukan, bola-bola agresif dari pasangan Hong Kong mampu membuat ganda campuran peringkat tiga dunia itu kewalahan hingga ganda campuran Hong Kong unggul jauh 7-2, 10-4 dan mengakhiri interval dengan 11-5.

​​​​​​​Yuta/Arisa mencoba mengatasi serangan-serangan variatif dan tak mudah terbaca yang dilancarkan Tang/Tse yang kini memimpin sangat jauh 20-9. Di momen-momen kritis, pasangan Jepang sempat mendapatkan satu poin hingga akhirnya gim kedua direbut oleh pasangan Hong Kong untuk memaksa dipertandingkannya gim penentuan.

Gim ketiga dimulai dengan reli-reli cepat sehingga dua poin pertama diraih oleh Yuta/Arisa melalui gerakan-gerakan tak tertebak, sampai unggul sementara 6-2 atas pasangan Hong Kong.

Kesalahan-kesalahan dalam servis Yuta/Arisa memberikan angka tambahan bagi Tang/Tse, namun masih belum membendung performa rapi dari pasangan Jepang yang akhirnya merebut interval gim ketiga 11-5.

Tang/Tse yang mulai terlihat kelelahan masih belum menyerah dengan meraih setidaknya tiga poin beruntun di pertengahan gim meski masih tertinggal 11-16. Tren itu terus berlanjut hingga Tang/Tse hanya terpaut satu angka saja dari Yuta/Arisa 15-16.

Dengan permainan yang lebih sabar, Yuta/Arisa akhirnya mengunci kemenangan di gim pamungkas dan maju ke babak final Indonesia Open 2023.

Baca juga: Pram/Yere sebut masuk ke semifinal tumbuhkan kepercayaan diri
Baca juga: Cara Rankireddy/Shetty atasi tekanan saat tanding di Istora


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023