Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie menyumbang gelar kedua bagi Indonesia dari turnamen Hong Kong Open 2023 setelah memenangkan babak final saat menghadapi Kenta Nishimoto asal Jepang, Minggu.

  Dalam pertandingan yang berlangsung di Kowloon itu, unggulan kelima itu memetik kemenangan rubber game 12-21, 22-20, 21-18.

  Gelar juara tersebut juga menjadi kemenangan kedua bagi Jonatan pada ajang Super 500, setelah Indonesia Masters 2023 pada Januari.

  Permainan Jonatan pada gim pertama terbilang kurang solid untuk menghadapi Kenta yang punya pertahanan rapat. Jonatan berusaha mengubah pola permainan namun kerap mengalami kebuntuan.

  Upaya wakil Indonesia dengan bermain lebih sabar pun tak membuahkan hasil. Kenta tak segan untuk mengejar umpan-umpan jauh dari Jonatan, yang sukses ia kembalikan.

  Setelah 21 menit bersaing, gim pertama tak bisa diamankan Jonatan. Apalagi momen kehilangan sembilan poin secara beruntun dari 9-9 menjadi 9-18 sangat memukul mental Jonatan.

  Pertahanan pemain unggulan kelima itu pun goyah dan mampu diakali Kenta secara mudah sebelum akhirnya ditutup dengan skor 12-21.

  Pada gim kedua permainan Jonatan masih belum menunjukkan perkembangan berarti. Satu-satunya keunggulan yang ia raih ialah skor 7-4, setelah mendulang tiga poin beruntun atas Kenta.

  Namun, Kenta tak mau kalah dan kembali merebut keunggulan setelah berusaha keras memperkecil selisih dengan wakil Indonesia. Berkat usaha keras Jonatan, ia pun kembali mengambil alih keunggulan.

  Meski sempat terlibat setting, namun Jonatan sukses menjaga permainannya hingga gim kedua usai dengan kemenangan 22-20.

  Jonatan melalui laga dramatis pada gim ketiga, ketika ia dan Kenta terlibat dalam kejar mengejar poin sejak awal permainan.

  Keduanya terus saling mengejar dan menyamakan skor, dan kerap bergonta-ganti strategi agar bisa mengakali permainan lawan.

  Memasuki pengujung gim saat skor, Jonatan mendapat dua poin penutup secara mudah akibat kesalahan yang dibuat Kenta sehingga skor menjadi 21-18. Dengan hasil itu, Timnas Bulutangkis Indonesia sejauh ini memboyong dua gelar juara dari Hong Kong Open.

  Gelar pertama disumbangkan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, setelah mengalahkan pasangan asal Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dengan skor 14-21, 24-22, 21-9.



Baca juga: Apri/Fadia makin terpacu raih gelar usai juarai Hong Kong Open
Baca juga: The Daddies bersyukur capai semifinal meski berakhir kekalahan

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023