Jakarta (ANTARA) - Petenis peringkat lima dunia Andrey Rublev akan memulai musim 2024 di Hong Kong Open ketika ATP Tour kembali ke kota itu untuk pertama kalinya dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun terakhir.

Penyelenggara mengatakan bahwa petenis Rusia berusia 26 tahun itu akan bergabung bersama semifinalis Grand Slam Frances Tiafoe dan Karen Khachanov dalam turnamen pemanasan Australian Open yang akan berlangsung pada 1-7 Januari di Victoria Park itu.

Hong Kong Open terakhir kali digelar pada 2022, dengan sederet mantan juaranya termasuk Pete Sampras, Andre Agassi, Pat Cash, Ivan Lendl dan Jimmy Connors.

Legenda tenis dari Australia Rod Laver memenangi edisi perdana Hong Kong Open pada 1973.

Rublev, yang akan menjadi unggulan teratas, memenangi dua gelar tahun ini, di Bastad, Swedia, dan di Monte Carlo, Monako.

Baca juga: Rublev kalahkan Ruud untuk sabet gelar Swedish Open
Baca juga: Rublev raih gelar Masters 1000 pertamanya di Monte Carlo

Petenis Amerika peringkat 16 dunia Tiafoe menjadi terkenal di US Open 2022, di mana ia kalah dalam lima set semifinal yang epik dari sang juara Carlos Alcaraz, setelah mengalahkan Rafael Nadal di babak 16 besar.

Petenis Rusia Khachanov juga memiliki catatan baik di Grand Slam baru-baru ini.

Dia juga mencapai semifinal US Open pada 2022, kalah dari Casper Ruud, dan mencapai empat besar Australian Open tahun ini di mana ia kalah dari Stefanos Tsitsipas.

"Saya tak sabar untuk membantu mengembalikan kegembiraan ATP Tour ke kota ini untuk pertama kalinya sejak awal tahun 2000-an," kata Khachanov, seperti disiarkan AFP, Selasa.

Veteran Kroasia juara US Open 2014 Marin Cilic akan memulai kembali cederanya di ajang tersebut.

Petenis berusia 35 tahun itu menjalani operasi lutut setelah mengalami cedera pada Januari tahun ini, dan berikutnya hanya bermain satu pertandingan tur pada 2023, merosot ke peringkat 666 dunia.

Baca juga: Djokovic menangi pertarungan sengit melawan Rublev di Paris Masters
Baca juga: Rublev selamat dari lima set untuk amankan perempat final Wimbledon

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023