Jakarta (ANTARA) - Andrey Rublev mengatasi tekanan dalam debutnya pada musim 2024, ketika pemain peringkat lima dunia itu mengalahkan petenis kualifikasi asal Inggris Liam Broady 6-4, 7-6 (10/8) di Hong Kong Open.

"Itu benar-benar sulit. Ia bermain sangat baik. Bagi saya, ini adalah pertandingan pertama, jadi selalu sulit. Pertama kali selalu menegangkan. Set kedua agak menegangkan," kata Rublev dikutip dari AFP, Jumat.

Unggulan teratas asal Rusia itu melaju kencang saat memimpin 3-0 pada set pertama. Broady membalas tetapi Rublev berhasil mengamankan set tersebut.

Pada set kedua, peringkat 108 Broady yang terus menekan membuat rasa frustasi Rublev yang berapi-api mulai tumbuh, dan setelah serangkaian unforced error, dia dengan marah menendang papan iklan di belakang baseline.

Baca juga: Raducanu kembali ke lapangan dengan kemenangan

Hal itu memacu adrenalin petenis berusia 26 tahun itu, dan ia bangkit kembali ketika Broady gagal melakukan servis pada kedudukan 5-4.

Pertandingan yang berlangsung selama satu jam 50 menit itu usai ketika Broady memaksa Rublev menyelamatkan tiga set point dalam tiebreak yang menegangkan.

Rublev akan menghadapi petenis muda Prancis yang sedang naik daun dan peringkat 36 dunia Arthur Fils pada babak delapan besar, Jumat,

Fils yang berusia 19 tahun, merupakan remaja dengan peringkat tertinggi dalam ATP. Ia berusaha keras selama dua jam sebelum mengalahkan petenis peringkat 194 dunia Marc-Andrea Huesler 7-5, 7-5.

"Dia melakukan servis dengan baik dan dia menghabisi saya dari baseline, jadi tidak semudah itu," kata Fils.

"Jadi saya mengubah beberapa taktik dan itu berhasil dengan cukup baik, jadi saya sangat senang," imbuhnya.

Baca juga: Osaka sangat kecewa momen "comeback" terhenti di tangan Pliskova

Fils merasa terhormat terpilih sebagai "pendatang baru terbaik tahun ini" dalam penghargaan ATP Tour pada 2023, musim di mana ia mencapai final turnamen NextGen Finals untuk petenis berusia 21 tahun ke bawah.

"Beberapa orang hebat menang (penghargaan pendatang baru terbaik) sebelum saya," kata Fils, yang memenangi gelar ATP Tour perdananya sebagai wildcard peringkat 112 di Lyon tahun lalu.

"Tetapi Anda harus memenangi lebih banyak gelar lagi untuk menjadi salah satu yang terhebat sepanjang masa. Jadi, kami akan mencobanya," Fils menambahkan.

Sementara itu, petenis veteran Spanyol Roberto Bautista Agut melanjutkan awal mulusnya musim ini dengan kemenangan dua set langsung pekan ini untuk mengalahkan unggulan keempat Francisco Cerundolo dari Argentina 7-5, 6-3.

Di perempat final, Bautista Agut (35) akan menghadapi petenis Austria Sebastian Ofner yang mengalahkan unggulan kelima asal Jerman Jan-Lennard Struff 6-7 (4/7), 7-6 (7/5), 7-6 (7/2).

Baca juga: Pertahankan emas Olimpiade prioritas Zverev pada 2024

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2024