Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Penyelenggara turnamen sepak bola Nusantara Open 2023 dari Akademi Sepak Bola Garudayaksa membawa misi mengedukasi peserta terkait regulasi pertandingan Elit Pro Academy (EPA) melalui kompetisi yang akan diselenggarakan pada 14-21 Desember.

"Dalam turnamen ini kami membawa misi edukasi terutama terkait aturan Sin Bin, di mana pemain yang terkena kartu kuning itu dia keluar sementara, bisa digantikan oleh yang lain, dan selanjutnya boleh bermain lagi," kata Kepala Pertandingan Nusantara Open 2023 Jaelani dalam acara Talkshow & Drawing Nusantara Open 2023 di Komplek Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Bogor, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menjadikan turnamen Nusantara Open 2023 sebagai momentum berbagi pengetahuan terkait regulasi Sin Bin dari EPA PSSI.

Ia menjelaskan, aturan Sin Bin yang diterapkan berupa hukuman penalti 3 menit bagi pemain yang membuat pelanggaran tertentu akan diusir keluar lapangan sejenak, sebelum boleh kembali ke lapangan.

Aturan ini, kata dia, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pemain yang melanggar dan pelatih untuk mengevaluasi permainan sehingga tidak mengulangi pelanggaran lagi dalam permainan selanjutnya.

Jaelani menyebutkan beberapa aturan lain yang akan diterapkan pada Nusantara Open 2023 seperti durasi bermain selama 2x30 menit.

Selain itu, pemain yang didaftarkan sebanyak 23 pemain ditambah 5 ofisial, serta sistem pergantian pemain sebanyak 3 slot dengan maksimal 7 pemain.

"Kami ingin memberikan pengalaman bertanding kepada seluruh peserta yang sekaligus ada edukasi peraturan untuk pengembangan tim-tim ke depan," katanya.

Turnamen Nusantara Open yang kedua kali digelar akan diikuti tim dari 16 akademi yaitu Persib Bandung, Rans Nusantara FC, Arema FC, Borneo FC Samarinda, Garudayaksa Academy, PSS Sleman, Bali United FC, PSLS Lhoukseumawe.

Selain itu, Persija Jakarta, Maluku Utara Selection, Bhayangkara Presisi Indonesia, PSM Makassar, ASIOP, Persis Solo, PSIM Semarang, serta Bintang Timur Atambua.

Masing-masing tim yang tersebar dalam empat grup akan bermain sebanyak tiga kali untuk memperebutkan rangking. Tim yang berada di rangking satu dan dua lanjut ke fase knokout pada babak delapan besar, semi final, hingga grand final.


Baca juga: Talenta muda sepak bola 16 akademi berkompetisi di Nusantara Open 2023
Baca juga: BeTA tahan imbang Borneo FC dalam turnamen Nusantara Openpp

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023