Jakarta (ANTARA) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar pasar murah dan bazar UMKM di Rembang, Jawa Tengah, untuk membantu memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat.

Corporate Secretary SIG,Vita Mahreyni, mengatakan, kegiatan yang digelar di di Alun-Alun Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pada Kamis (21/7) itu menyediakan 5.000 paket sembako yang terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak, dan 1 kg gula yang dapat dibeli oleh masyarakat seharga Rp65.000, jauh lebih murah dibanding harga normal di pasaran.

"Alhamdulillah, 5.000 paket sembako yang disediakan SIG pada pasar murah habis terjual," ujar Vita dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Selain pasar murah, SIG juga menghadirkan 50 UMKM binaan Rumah BUMN SIG di Kabupaten Rembang untuk mengikuti Bazar UMKM BUMN. UMKM binaan Rumah BUMN tersebut menjual berbagai produk, mulai dari makanan hingga kerajinan khas daerah.

"Hal ini diharapkan mampu meningkatkan geliat perekonomian daerah setempat, serta memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan produknya," kata Vita.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan, masyarakat Rembang bisa sedikit lega karena bisa belanja dengan paket murah yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

"Kami pemerintah Kabupaten Rembang menyampaikan terima kasih dengan adanya bantuan dari BUMN, mudah-mudahan dapat terus berlanjut,"ujar Abdul Hafidz.

Lebih lanjut, Abdul Hafidz mengatakan bahwa warga Rembang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan bekerja di bidang pertanian, dan pelaku UMKM. Rembang memiliki sebanyak 99.000 UMKM, namun memang belum terkoordinir dengan baik sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk BUMN.

"Harapannya para UMKM mendapat dukungan dan dapat dikelola bersama BUMN, memperoleh peralatan yang dibutuhkan dalam skala kecil serta pendampingan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing," kata Abdul Hafidz.

Adanya pasar murah dan bazar UMKM BUMN juga dirasakan manfaatnya oleh Jasemi, warga asal Desa Leteh, Rembang. Menurutnya kehadiran pasar murah sangat membantu, terutama saat beberapa kebutuhan pokok yang naik.

"Terima kasih kepada BUMN dan SIG semoga kegiatan seperti ini selalu di adakan untuk membantu warga yang membutuhkan," ujar Jasemi.

Selain itu, salah satu pelaku UMKM Pasecco, binaan Rumah BUMN SIG, Eny Yuliastuti juga merasa terbantu dengan adanya kegiatan Bazar. Ia bersyukur dengan adanya bazar tersebut penjualan produknya meningkat.

"Hari ini yang paling laku minuman dawet siwalan dan es teh yang dicampur dengan daun pegagan. Biasanya kami juga sering ikut kegiatan yang diselenggarakan oleh Semen Indonesia, harapannya kegiatan seperti ini sering dilakukan untuk meningkatkan penjualan UMKM," ujar Eny.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022