Banjarmasin (ANTARA) -  Sebanyak 71 pasien COVID-19 di Provinsi Kalimantan Selatan sembuh, terbanyak dari Kota Banjarmasin, yakni 54 orang.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan,  Sabtu, menyatakan hari ini merupakan kasus sembuh dari COVID-19 terbanyak sepanjang tahun ini, yakni 71 orang.

"Kita bersyukur cukup banyak pasien COVID-19 sembuh hari ini, bahkan ini terbanyak sepanjang tahun 2022," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Dr Diauddin, di Banjarmasin, Sabtu.

Karena sepanjang tahun 2022 ini, ungkap dia, baru dua pekan ini kasus COVID-19 kembali naik cukup signifikan.

Baca juga: Dinkes Kalsel belum bisa pastikan naiknya COVID-19 dipicu varian baru

Baca juga: Dinkes Kalsel: Pasien terkonfirmasi COVID-19 bertambah 52 orang


Sehingga, pasien COVID-19 di Kalsel hampir mencapai 400 orang, karena kasus COVID-19 harian melebihi 50 kasus.

Sebagaimana data Dinkes Kalsel, penambahan signifikan kasus COVID-19 dari 13 kabupaten/kota berasal dari Kota Banjarmasin hingga mencapai 207 orang, hingga hari ini sembuh 54 orang, tersisa pasien yang dirawat sebanyak 153 orang.

Selain dari Kota Banjarmasin, kesembuhan pasien COVID-19 berasal dari Kota Banjarbaru sebanyak tujuh orang, Kabupaten Banjar sebanyak lima orang, Barito Kuala sebanyak tiga orang dan Tanah Bumbu sebanyak 2 orang. Hingga total kesembuhan hari ini sebanyak 71 orang.

Total kasus sembuh dari COVID-19 di Kalsel sepanjang pandemi ini sebanyak 82.057 orang.

Dinkes Kalsel melaporkan untuk penambahan kasus COVID-19 di Kalsel pada Sabtu hari sebanyak 56 kasus.

Penambahan tersebut dari Kota Banjarmasin sebanyak 21 kasus, Banjarbaru sembilan kasus, Kabupaten Banjar sebanyak enam kasus, Barito Kuala sebanyak lima kasus.

Selanjutnya dari Kabupaten Tanah Laut, Hulu Sungai Utara (HSU) dan Tanah Bumbu masing-masing sebanyak empat kasus, Kotabaru, Hulu Sungai Tengah (HST) dan Tabalong masing-masing satu kasus.

Total penularan COVID-19 di Kalsel sepanjang pandemi sebanyak 84.983 kasus.

Sementara untuk korban meninggal dunia akibat COVID-19 pada Sabtu hari ini dilaporkan  satu pasien dari Banjarbaru. Sehingga total kematian COVID-19 sepanjang pandemi ini sebanyak 2.544 orang.

Kadinkes Kalsel Diauddin meminta masyarakat terus waspada, terapkan protokol kesehatan, termasuk juga mengikuti program vaksinasi.*

Baca juga: Kemenag Kalsel minta jamaah haji patuh prokes saat pemulangan

Baca juga: Kasus COVID-19 di Kalsel bertambah 23 kasus


Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022