Jakarta (ANTARA) - Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe pada Sabtu (23/7) menginstruksikan para pejabat negara itu untuk mempercepat proses pendistribusian bahan bakar dan berfokus pada penyediaan bahan bakar bagi sekolah dan transportasi umum.

Dia memerintahkan para pejabat untuk menyediakan bahan bakar dari semua depot bahan bakar milik negara untuk kendaraan yang mengangkut anak-anak sekolah.

Instruksi tersebut diberikan dalam sebuah pertemuan yang membahas upaya untuk mengatasi krisis bahan bakar di negara itu. Instruksi tersebut dikeluarkan seiring akan dibukanya kembali sekolah setelah beberapa pekan ditutup akibat kelangkaan bahan bakar.

Para nelayan, petani, dan pekerja yang bergerak di bidang pariwisata juga harus mendapatkan bahan bakar dalam jumlah yang cukup, kata Presiden Wickremesinghe.

Wickremesinghe juga menegaskan bahwa pasar gelap bahan bakar di negara tersebut harus segera ditangani, dan dia menginstruksikan pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan.

Sri Lanka menghadapi kelangkaan bahan bakar yang melumpuhkan negara itu sejak awal tahun ini akibat kekurangan valuta asing.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2022