"Karena ombak besar itu rumit untuk dihadapi, tetapi kami akhirnya berhasil memberinya rompi dan dia bisa mengapung sampai penjaga pantai mencapainya dengan jet ski."
Gandia (ANTARA) - Layanan penjaga pantai dengan menggunakan drone perintis yang diluncurkan di pantai-pantai Spanyol menyelamatkan nyawa seorang anak laki-laki berusia 14 tahun pada bulan ini saat ia berjuang melawan gelombang kuat di pantai Valencia.

Hal tersebut dikatakan oleh operator layanan penjaga pantai tersebut.

Drone menjatuhkan rompi pelampung ke laut yang kemudian membuat remaja itu tetap dapat mengapung saat ia mulai tenggelam terbawa ombak hingga tim penyelamat fisik tiba beberapa saat kemudian.

"Ketika kami tiba, apa yang kami lihat adalah seorang anak yang berada dalam kondisi sangat buruk, hampir tidak ada energi untuk tetap mengapung, jadi saya mengirim pelampung," kata Miguel Angel Pedrero, pilot drone untuk General Drones, perusahaan yang memasok teknologi tersebut kepada Reuters.

"Karena ombak besar itu rumit untuk dihadapi, tetapi kami akhirnya berhasil memberinya rompi dan dia bisa mengapung sampai penjaga pantai mencapainya dengan jet ski."

General Drones yang berbasis di Valencia mulai mendukung staf penjaga pantai Spanyol pada tahun 2017 di kota Sagunto di utara Valencia.

Sekarang, mereka memiliki lebih dari 30 pilot dan drone mereka yang mendukung para penjaga pantai di 22 pantai di seluruh Spanyol.

Alat itu membantu para penjaga pantai dalam memberikan reaksi cepat di saat-saat kritis dari potensi tenggelam sebelum para penyelamat dapat secara fisik mencapai tempat kejadian.

Detik ekstra ini sangat penting dalam beberapa kasus dan juga memungkinkan tim penyelamat untuk mendekati orang tersebut dengan lebih tenang dan hati-hati, tambah Pedrero.

Setelah diselamatkan, remaja berusia 14 tahun yang belum diidentifikasi itu dikirim ke rumah sakit setempat setelah personel ambulans memberinya oksigen. Dia dikirim pulang 24 jam kemudian.

Sebanyak 140 orang telah meninggal dunia akibat tenggelam secara tidak sengaja di Spanyol dalam enam bulan pertama tahun 2022, angka yang 55 persen lebih banyak dari pada periode yang sama tahun 2021, menurut Federasi Penyelamatan dan Penyelamatan Kerajaan Spanyol.

 

Sumber: Reuters

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022