Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hang Nadim Batam memastikan seluruh mekanisme untuk menyambut kedatangan jamaah haji di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam telah siap.

Kepala Bidang Penerbangan PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono di Batam, Senin, mengatakan telah menyiapkan tempat parkir pesawat Saudi Airlines di AE 2 yang membawa jamaah haji dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Berdasarkan jadwal kedatangan jamaah haji Debarkasi Hang Nadim Batam, jamaah Kloter 1 tiba di Kota Batam pada tanggal 26 Juli 2022 pukul 12.15 WIB.

Kemudian, setelah jamaah keluar dari pesawat langsung diarahkan ke pintu ruang tunggu A2 untuk melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo scanner.

Baca juga: Seluruh jamaah haji tiba di Batam dites antigen

Baca juga: PPIH: Penyambutan jamaah haji Derbarkasi Batam di Asrama Haji


Jika terdapat jamaah yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat maka akan dilakukan pengambilan tes usap PCR oleh tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Sementara untuk jamaah yang suhu tubuhnya di bawah 37,5 derajat akan tetap dilakukan pengambilan tes usap antigen di ruang tunggu A1 oleh tim KKP dan tim kesehatan dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Hang Nadim.

"Apabila suhunya di atas 37,5 derajat maka langsung tes usap PCR. Ketika suhunya di bawah 37,5 langsung tes antigen kemudian langsung menuju A1 ambil sampel antigen , kita siapkan 10 petugas dari KKP, dan AU juga ikut bantu pengambilan sampel," ujar Bambang.

Setelah jamaah haji menyelesaikan pengecekan dan pengambilan tes usap antigen, dilanjutkan dengan pengecekan dokumen perjalanan oleh pihak Imigrasi.

"Setelah imigrasi selesai, jamaah langsung turun menuju kedatangan internasional tapi melalui sisi air side. Bis sudah menunggu disana," kata dia.

Sementara itu, untuk mekanisme kedatangan jamaah haji Debarkasi Antara Hang Nadim Batam yang berasal dari Provinsi Riau dan Jambi, Bambang menjelaskan pihaknya telah menyiapkan ruang tunggu A9 sebagai tempat jamaah menunggu penerbangan domestik menuju ke daerah asal.

"Jamaah Embarkasi Antara tidak ada pemeriksaan, ketika sudah sampai langsung jalan menuju scan suhu tubuh, lalu ke ruang tunggu A9. Atau opsi lainnya, pesawat langsung kita arahkan ke parkir AE 5 yang dekat dengan ruang tunggu A9. Jadi disana ketika dilihat, begitu mendarat langsung menuju A6 dan ke A9," demikian Bambang.

Dalam musim haji 2022 ini, PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan sebanyak 5.391 orang, namun tercatat 3 jamaah haji di antaranya dinyatakan meninggal saat berada di Mekkah.*

Baca juga: Jamaah haji Embarkasi Batam gelombang 2 berangkat ke Madinah 21 Juli

Baca juga: Untuk pemisahan koper, Debarkasi Batam siapkan aula asrama haji

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022