Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pengunjung sangat antusias untuk datang ke acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, karena banyak menampilkan kendaraan listrik keluaran terbaru.

Salah satu pengunjung pameran Syahrul Fardiansyah penasaran dengan mobil listrik yang dibanderol seharga Rp75 juta.

Baca juga: Moeldoko: Membangun mobil listrik miliki tantangan tersendiri

“Karena kita kan tertarik dengan harga Rp75 juta sudah dapat mobil listrik,” kata Syahrul di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin.

Selain ingin melihat mobil listrik seharga Rp75 juta, Syahrul juga ingin melihat mobil listrik Hyundai Ioniq karena memiliki tampilan yang mewah dan harganya tidak semahal mobil listrik keluaran Tesla.

Ia beranggapan pameran ini merupakan pertunjukan kendaraan masa depan yang mungkin lima tahun ke depan kendaraan yang ada pada pameran ini akan ada di jalan umum.

Namun, Syahrul menilai sosialisasi yang minim ke masyarakat mengenai kendaraan listrik juga membuat warga kurang mengerti keberadaan acara ini.

Syahrul juga berharap agar stasiun pengisian baterai untuk kendaraan listrik dapat diperbanyak sementara untuk kendaraan listrik yang telah ada para produsen kendaraan tersebut dapat lebih meyakinkan lagi kualitas dari kendaraan yang dipasarkan.

Baca juga: UI produksi bus listrik

“Karena dari orang tua saya sendiri tuh masih bingung, yakin mau beli, dan mikirnya tuh kalau kena hujan gimana, kalau kena banjir gimana,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan pengunjung lain, Nabilah Rizki dan Nandita Syahira yang datang ke pameran ini untuk melihat inovasi terbaru dari kendaraan listrik.

Nabilah menuturkan banyak kemajuan teknologi mulai dari tampilan kendaraan listrik, teknologi yang ramah lingkungan dan desain interior yang membuat nyaman.

“Ada satu kendaraan yang adalah pokoknya lucu, desain dan interiornya,” tutur Nabilah.

Menurut Nandita, produsen kendaraan listrik perlu banyak memberikan pengetahuan kepada masyarakat karena banyak yang ingin menggunakan kendaraan listrik namun masih bingung untuk cara pengisian baterai dan lain-lain.

Baca juga: Kementerian ESDM pacu peningkatan jumlah SPKLU dan SPBKLU

Diketahui, penyelenggaraan PEVS 2022 berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-31 Juli 2022, selain memamerkan kendaraan listrik dari berbagai merk, para pengunjung juga dapat mencoba mengendarai kendaraan listrik di dalam ruangan.

Pewarta: Budi Prasetiyo
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022