Tangerang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, H Ade Baijuri menyatakan belum ada jamaah haji asal daerah itu yang terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

"Sejauh ini kami belum mendapatkan informasi adanya jamaah haji yang pulang dari Tanah Suci dinyatakan positif COVID-19. Jadi Alhamdulillah, haji asal Kabupaten Tangerang ini hasil pemeriksaannya negatif semua," kata Ade kepada ANTARA di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan dari jumlah total sebanyak 772 jamaah haji asal Kabupaten Tangerang yang kini telah kembali ke Tanah Air dipastikan kondisinya dalam keadaan sehat dan prima.

"Kita pastikan para jamaah haji yang telah kembali dipastikan sehat walafiat," katanya.

Baca juga: Kemenag Tangerang pastikan haji yang pulang dalam kondisi sehat

Baca juga: Satu kloter haji Kabupaten Tangerang tiba di Tanah Air Senin (25/7)


Kendati demikian, kata Ade, meski saat ini belum ada yang dinyatakan terkonfirmasi COVID-19, pihaknya bersama Dinas Kesehatan setempat akan tetap melakukan pemantauan kesehatan haji selama 14 hari ke depan.

"Kita sudah kerja sama dengan Dinkes setempat melakukan pemantauan untuk mengetahui apakah nantinya ada jamaah haji yang sakit atau tidak setelah kepulangan itu," ujarnya.

Ia juga menambahkan, jika pun nantinya ditemukan kasus COVID-19 pada jamaah haji, pihaknya tidak akan melakukan karantina, hanya saja mereka akan disarankan untuk menjalani isolasi mandiri.

"Kita tidak ada karantina, dan itu nanti prosesnya yang berwenang dari Dinkes terkait dalam penanganan-nya. Kami hanya menunggu info saja," kata dia.*

Baca juga: Ratusan jamaah haji asal Tangerang telah kembali ke kampung halaman

Baca juga: Satgas COVID-19 Tangerang akan pantau kesehatan haji selama 14 hari

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022